KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

35 Rumah Adat di Indonesia + Gambar dan Pembahasan Lengkapnya 4/5

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang berbagai rumah adat di Pulau Kalimantan, berikut ini tim penulis Blog Kisah Asal Usul akan membahas tentang berbagai rumah adat yang dimiliki berbagai suku di Pulau Sulawesi. Bagi Anda yang belum membaca artikel sebelumnya, silakan klik link ini.

22. Rumah Adat Pewaris, Sulawesi Utara

Rumah adat Pewaris adalah rumah tradisional khas suku Minahasa  di Provinsi Sulawesi Utara. Rumah yang juga dikenal dengan sebutan Walewangkoa ini merupakan rumah panggung bertiang balok-balok kayu yang dilengkapi dengan 2 buah tangga di bagian depan tepatnya di sisi kanan dan kiri rumah. Keunikan rumah adat suku Minahasa ini terletak pada kontruksinya yang sepenuhnya terbuat dari kayu. Rumah ini terbagi menjadi beberapa ruangan, Setup Emperan sebagai tempat menerima tamu; Pores sebagai ruang tidur; dan Sangkor sebagai tempat menyimpan bahan makanan (lumbung padi).

Rumah Adat di Indonesia

23. Rumah Adat Tambi, Sulawesi Tengah

Rumah adat di Indonesia yang tak kalah menarik untuk dibahas adalah Rumah Tambi. Rumah tradisional  Sulawesi Tengah ini memiliki bentuk persegi panjang berukuran 7 meter x 5 meter. Ciri khas panggung dengan balok kayu yang disusun di atas batu alam juga masih terdapat di arsitektur rumah ini. Yang unik, dirumah ini tidak dikenal pembagian ruang. Dapur, kamar, ruang tamu, semuanya menyatu jadi satu, dan dalam hal ini dapur biasanya diletakan di tengah sebagai penghangat ruangan di saat malam menyapa.

Rumah Adat di Indonesia
Berdasarkan kepercayaan leluhur, Rumah adat Tambi hanya boleh dibangun menghadap arah utara atau selatan. Dilarang bagi warga sekitar untuk membangun rumah menghadap atau membelakangi jalan matahari. Keunikan lain yang dimiliki rumah Tambi ini adalah perbedaan jumlah anak tangga. Rumah Tambi yang ditinggali oleh sesepuh kampung atau kepala adat wajib memiliki anak tangga yang jumlahnya genap, sedangkan rumah Tambi yang ditinggal penduduk biasa harus memiliki anak tangga yang jumlahnya ganjil.

24. Rumah Adat Buton, Sulawesi Tenggara

Rumah adat Indonesia berikut ini bagi penulis adalah rumah adat terunik seluruh dunia. Ya, Rumah Buton atau Istana Sultan Buton adalah rumah adat yang meskipun dibangun 4 lantai dengan kontruksi kayu yang saling mengait, tanpa pengikat dan paku, tapi ia dapat kokoh berdiri dengan megah. Berikut penampilan rumah khas orang-orang Buton yang melegenda itu.

Rumah Adat di Indonesia

25. Rumah Adat Tongkonan, Sulawesi Selatan

Rumah Tongkonan adalah rumah adat suku Toraja yang bermukim di wilayah Sulawesi Selatan. Secara arsitektur, rumah ini tergolong sangat antik. Dengan atap lengkung seperti perahu dan deretan tandung kerbau yang berjajar di bagian depannya, rumah ini berhasil membuat para wisatawan berbondong-bondong untuk menyaksikan seni klasik arsitektur nenek moyang bangsa Indonesia. Perlu diketahui bahwa, selain berguna sebagai hunian, rumah adat tongkonan juga biasa digunakan sebagai tempat penyimpanan mayat.

Rumah Adat di Indonesia

26. Rumah Adat Dulohupa, Gorontalo

Rumah Adat Dulohupa adalah ilustrasi rumah adat tradisional rakyat Gorontalo dengan model atap yang artistik, berbentuk panggung, dan beberapa pilar kayu sebagai hiasan. Selain berguna sebagai hunian, rumah adat ini juga berfungsi sebagai balai musyawarah. Untuk penampilan fisiknya lihatlah gambar di bawah ini.

Rumah Adat di Indonesia
Nah, itulah beberapa rumah adat Indonesia yang dimiliki oleh khasanah budaya pulau Sulawesi. Cukup unik bukan? Tertarik untuk menggunakan desain rumah-rumah adat tersebut sebagai desain rumah impian Anda? Apa salahnya?! Berikutnya : Rumah Adat Indonesia khas Indonesia Timur.

Halaman ke : 1  2  3  4  5

1 Response to "35 Rumah Adat di Indonesia + Gambar dan Pembahasan Lengkapnya 4/5"

  1. Rumah adat tengkonan adalah rumah adat sulawesi selatan, bukan suawesi barat !

    BalasHapus