KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Terbentuk, Masa Kejayaan, dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

Sejarah seputar Kerajaan Tarumanegara memang tak ada habisnya untuk diungkap. Ya, betapapun dibandingkan kerajaan-kerajaan di Indonesia lainnya yang pernah ada, kerajaan Tarumanegara memang meninggalkan prasasti dan bukti sejarah yang cukup banyak. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas seputar latar belakang terbentuk, masa kejayaan, dan masa keruntuhan kerajaan Tarumanegara berdasarkan bukti-bukti sejarahnya. Mari disimak!

1. Latar Belakang Terbentuknya Kerajaan Tarumanegara

Terbentuk, Masa Kejayaan, dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara
Latar belakang terbentuknya kerajaan Tarumanegara sangat erat kaitannya dengan keruntuhan Kerajaan Salakanegara. Ya, berdasarkan naskah Wangsakerta dari Cirebon, diketahui bahwa Kerajaan Tarumanegara didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman sekitar antara tahun 358 - 450 M. Kerajaan ini awalnya bermula dari sebuah kerajaan kecil ditepi sungai Gomati dan Candrabaga atau saat ini kita kenal dengan daerah Bekasi.

Rajadirajaguru Jayasingawarman yang merupakan raja pertama Kerajaan Tarumanegara berhasil meletakan pondasi utama dalam pembentukan kerajaan Hindu pertama di Pulau Jawa ini. Setelah berpulang, ia kemudian digantikan oleh putranya, Dharmayawarman.

2. Masa Kejayaan Kerajaan Tarumanegara

Tak butuh waktu lama, Kerajaan Tarumanegara mengalami masa kejayaan atau masa keemasan hanya sekitar 3 generasi dari awal pembentukannya. Ya, Kerajaan Tarumanegara berhasil mencapai masa kejayaan pada kepemimpinan raja ketiga, Purnawarman, cucu dari Rajadirajaguru Jayasingawarman.

Pada masa kejayaannya itu, Tarumanegara mengalami perkembangan pesat. Selain dengan memperluas wilayah kerajaan melalui ekspansi ke kerajaan-kerajaan kecil di sekitar kekuasaannya, Raja Purnawarman juga membangun berbagai infrastruktur yang mendukung perekonomian kerajaan. Adapun salah satunya adalah sungai Gomati dan Candrabaga. Kedua sungai ini selain untuk mencegah terjadinya banjir saat musim hujan, juga berperan penting dalam pengairan lahan pertanian sawah yang dulu menjadi salah satu penggerak kehidupan ekonomi masyarakat Kerajaan Tarumanegara. Masa kepemimpinan Raja Purnawarman dianggap sebagai masa kejayaan Kerajaan Tarumanegara selain itu juga karena kemampuan kerajaan yang mampu berkurban 1000 ekor sapi saat pembangunan ke dua sungai itu.

3. Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

Masa keruntuhan kerajaan Tarumanegara dialami setelah kerajaan ini dipimpin oleh raja generasi ke 13, Raja Tarusbawa namanya. Keruntuhan kerajaan Hindu pertama  di Pulau Jawa ini dilatarbelakangi oleh kekosongan kepemimpinan karena Raja Tarusbawa lebih menginginkan untuk memimpin kerajaan kecilnya di hilir sungai Gomati. Selain itu, gempuran beberapa kerajaan lain di nusantara pada masa itu, terutama kerajaan Majapahit juga memegang andil penting dalam keruntuhan Kerajaan Tarumanegara itu.

Nah, itulah informasi seputar pendiri, masa kejayaan, dan masa keruntuhan Kerajaan Tarumanegara ini. Semoga dapat membantu Anda memahami sejarah kerajaan Tarumanegara yang terjadi di abad ke 4 Masehi itu.

1 Response to "Terbentuk, Masa Kejayaan, dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara"

  1. Terima kasih,,,informasinya sangat membantu๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    BalasHapus