Blog yang Membahas Asal Usul, Kisah, Sejarah Kerajaan, dan Rahasia Dunia yang Masih Banyak Tersembunyi.

Rabu, 26 Agustus 2015

35 Rumah Adat di Indonesia + Gambar dan Pembahasan Lengkapnya 2/5

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Melanjutkan artikel sebelumnya mengenai daftar rumah adat dari suku-suku di Sumatera, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa rumah adat di Indonesia yang terletak di sekitar pulau Jawa. Bila Anda masih belum membaca artikel yang pertama, silakan kunjungi artikel tersebut di link ini.

10. Rumah Adat Badui, Banten

Rumah adat di Indonesia yang menjadi hunian orang-orang suku Banten tempo dulu diberi nama rumah badui. Rumah ini adalah rumah panggung beratapkan daun ilalang dengan lantai terbuat dari pelupuh atau bambu yang dibelah. Dinding rumah adat badui terbuat dari anyaman bambu sedangkan penyangga rumah terbuat dari batu berbentuk balok yang ujung atasnya kian mengecil. Di beberapa wilayah Ujung Kulon, rumah yang bentuknya ditampilkan pada gambar di bawah ini masih digunakan oleh sebagian besar penduduknya.

Rumah Adat di Indonesia

11. Rumah Adat Sunda, Jawa Barat

Sama seperti rumah adat pada umumnya, rumah adat sunda miliki masyarakat Jawa Barat umumnya juga berwujud panggung dengan tinggi antara 0,5 - 1 meter. Kolong rumah panggung ini umumnya digunakan sebagai tempat mengandangkan hewan piaraan atau meletakan alat-alat pertanian. Rumah ini juga dilengkapi dengan tangga (golodog), sedang atapnya memiliki variasi yang cukup banyak seperti Jolopong, Badak Heuay, Tagong Anjing, Jubleg Nangkub, Perahu Kemureb, Buka Pongpok, dan Capit Gunting. Untuk mengetahui wujud dari variasi dan keragaman jenis atap rumah adat Sunda ini, Anda bisa berkunjung ke blog Sundayana.

Rumah Adat di Indonesia

12. Rumah Adat Joglo, Jawa Tengah

Orang Jawa pada umumnya memiliki rumah khas yang berupa hunian benama Joglo. Rumah adat di Indonesia yang satu ini memiliki beragam keunikan. Ia terbagi ke dalam beberapa ruangan yang antara lain pendapa, pringgitan, dalem, sentong, gandok tengen, dan gandok kiwo.

Rumah Adat di Indonesia

13. Rumah Adat Bangsal Kencono, DI Jogjakarta

Bangsal Kencono adalah rumah adat khas dari daerah DI Jogjakarta. Rumah adat ini memiliki kekhasan karena dianggap sebagai tempat tinggal bagi para raja, ratu atau pembesar kerajaan tempo dulu. Rumah adat di Indonesia yang satu ini juga dianggap kaya akan filosofi.  Hakikat kehidupan manusia, alam yang terus bekerja, aktivitas manusia dalam menjalani kehidupannya, dan beragam perlambangan hidup terkandung di dalamnya.

Rumah Adat di Indonesia

14. Rumah Adat Joglo Situbondo, Jawa Timur

Rumah adat Joglo Situbondo adalah sebuah rumah adat yang sangat terkenal pada masa silam. Masyarakat Jawa Timur pada zamannya, menggunakan gaya arsitektur rumah ini karena terkagum akan nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Kendati begitu, bukti kegemilangan karya nenek moyang kita dalam teknologi bangunan ini sekarang sudah mulai tergerus oleh zaman. Ya, di Jawa Timur sendiri sekarang kita akan sulit menemukan rumah semacam ini.

Rumah Adat di Indonesia

15. Rumah Adat Tanean Lanjhan, Madura

Meski Madura dan Jawa Timur secara administratif merupakan satu kesatuan, namun dari segi budaya sebetulnya keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. Buktinya, kedua daerah ini memiliki bentuk rumah adat yang berbeda. Jika di Jawa Timur kita menemukan Rumah adat Joglo Situbondo, di Madura kita justru akan banyak menemui rumah Tanean Lanjhang. Wujudnya lihat sendiri pada gambar di bawah ini.

Rumah Adat di Indonesia

16. Rumah Adat Gampura Candi Bentar, Bali

Nah, rumah khas adat bali yang satu ini yakin hingga sekarang pasti masih mudah kita jumpai. Bali memang merupakan suku di Indonesia yang sangat amanah dalam menjaga warisan leluhur, termasuk dalam hal menjaga kelestarian arsitektur rumah khasnya. Rumah adat bali sendiri di beri nama Rumah Gapura Candi Bentar. Berikut penampilan fisik dari rumah adat di Indonesia yang unik satu ini.

Rumah Adat di Indonesia
Nah, itulah beberapa rumah adat bagi suku-suku yang berada di sekitar pulau Jawa. Rumah-rumah tersebut adalah sebagian kecil dari kekayaan teknologi arsitektur nenek moyang kita di masa silam yang patut kita lestarikan. Ikuti daftar rumah adat di Indonesia selanjutnya yang akan membahas tentang rumah suku-suku tradisional di Kalimantan di sini.

Halaman ke : 1  2  3  4  5

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : 35 Rumah Adat di Indonesia + Gambar dan Pembahasan Lengkapnya 2/5