KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Batu Merah Delima, Kegunaan, Asal-usul dan Harganya

Batu merah delima adalah salah satu batu yang dipercaya oleh sebagian orang memiliki kekuatan magis. Batu ini juga dikenal sebagai batu yang memiliki nilai seni dan nilai prestis yang sangat tinggi. Banyak orang mencari batu yang sangat langka ini dengan berbagai tujuan. Ada yang hanya sekedar dijadikan koleksi, ada pula yang memiliki tujuan-tujuan komersial dari pemanfaatan kegunaan batu merah delima yang ditinjau dari sisi spiritual. Berikut ini kita akan membahas batu yang berharga sangat mahal ini mulai dari asal usulnya, kegunaan, cara merawat, cara mendapatkan, dan cara membedakan antara yang asli dan yang palsu.

Batu merah delima yang asli

Asal-Usul Batu Merah Delima

Asal-usul batu merah delima saat ini masih belum diketahui secara pasti. Sebagian ahli, baik dari ahli spiritual maupun ahli geologi menyebutkan pendapat yang beragam. Diantara beberapa pendapat tersebut ada beberapa yang cukup populer yang diantaranya sebagai berikut:
  1. RM. WAP. Diponegoro (spiritualis asal Yogyakarta) menyebut batu merah delima berasal dari biji buah delima yang membatu. Pendapat ini didasari pada temuan beberapa fosil biji delima yang membatu dan setelah digerinda berubah menjadi batu MD. Tidak semua batu merah delima hasil dari penghalusan biji delima ini memiliki kekuatan spiritual karena hal tersebut tergantung dari seberapa tua umur fosil biji tersebut. Batu merah delima asli umumnya sangat sulit diperoleh karena jumlahnya sangat terbatas. Penguasa zaman kerajaan Hindu-Budha biasanya memiliki batu merah delima yang asli. Sebut saja Patih Gajah Mada, Joko Tingkis, dan Prabu Airlangga, diketahui sangat suka dengan jenis batu yang satu ini.
  2. Asal-Usul Batu Merah Delima
  3. Gus Simon (Pengasuh salah satu PonPes di Surabaya) mengatakan bahwa batu merah delima mulai ada sejak zaman Nabi Sulaiman a.s. Batu ini dikaruniakan oleh Alloh SWT langsung kepada Nabi Sulaiman, dan oleh nabi diberikan kepada istri yang sangat dicintainya yaitu Ratu Balqis. Namun, ditangan Balqis batu ini menghilang ketika tengah dalam perjalanan, dan sejak saat itu batu yang hilang ini banyak dicari orang karena dipercaya mampu meningkatkan kewibawaan.
  4. Kepercayaan orang-orang Myanmar menyebutkan bahwa batu merah delima berasal dari sebuah bukit yang terletak di kawasan pertambangan Mogok. Di kawasan tersebut pada sekitar abad ke 6 Masehi pernah ditemukan sebuah bongkahan batu merah delima besar dengan berat total 32 kg. Hingga saat ini, penambangan batu merah delima di sana masih terus berlangsung, karena beberapa batu merah delima berukuran kecil juga masih sering ditemukan. Batu-batu ini tergolong batu merah delima aspal (asli tapi palsu) karena tidak memiliki kekuatan spiritual seperti batu MD pada umumnya.

Cara Mendapatkan Batu Merah Delima

Mendapatkan atau memiliki batu merah delima bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Batu ini hanya dapat diperoleh oleh mereka yang menerima pulung atau keistimewaan dari Sang Maha Kuasa. Batu ini biasanya akan menemui sendiri calon pemiliknya melalui pertanda seperti mimpi untuk dapat diambil di tempat tertentu atau langsung hadir dihadapan orang tersebut. Orang-orang yang berhati kotor tidak mungkin dapat memperoleh batu ini, karena hanya orang-orang yang berjiwa bersihlah yang mungkin bisa memilikinya.

Sebagian orang memiliki batu merah delima juga karena diwariskan dari nenek moyang mereka. Biasanya, mereka masih keturunan dari punggawa kerajaan di masa silam. Proses pewarisanpun tidak sembarangan, karena si batu akan memilih sendiri pengasuhnya dari keturunan-keturunan pemiliknya yang ada. Batu merah delima yang diperoleh dari pewarisan, biasanya sangat jarang ditemukan karena umumnya batu ini akan menghilang dengan sendirinya bila pewaris tidak berhati suci dan berbudi baik.

Sebagian orang juga mengaku-ngaku dapat memperoleh batu merah delima dengan kesaktian yang dimilikinya. Namun hal ini sangat mustahil bisa dilakukan karena memperoleh batu merah delima yang asli hanya dapat dilakukan oleh orang-orang sekelas wali yang tidak memiliki sifat sombong dan takabur. Orang yang mengaku memiliki kesaktian tentu adalah orang takabut yang tak mungkin batu merah delima mau mendekatinya. Hal lain dimungkinkan bila batu yang diperoleh adalah matu merah delima palsu berisi jin kelas tempe yang tidak akan bisa memberi manfaat kecuali mudhorotnya saja.

Batu Merah delima juga dapat diperoleh dengan cara membelinya. Meskipun hal ini sangat bertentangan dengan hak spiritual batu tersebut, namun jual beli batu merah delima masih berlangsung hingga saat ini. Biasanya pemilik batu merah delima tidaklah akan mau menjual batu merah delima asli yang dimilikinya karena hal tersebut sama saja dengan ia menjual saudara kandungnya sendiri.

Membedakan Batu Merah Delima Asli dan Palsu

Dengan harganya yang tergolong sangat mahal dan jumlah peminatnya yang cukup tinggi, banyak sekali oknum-oknum yang mencoba membuat merah delima tiruan dari campuran beberapa bahan kimia seperti Posfor, Kalsium, Karbon, dan Magnesium. Oleh karena itu, anda perlu jeli ketika akan membeli batu mulia yang satu ini. Beberapa indikator yang dapat menjadi acuan dalam membedakan batu merah delima yang asli dengan yang asli antara lain:

Berikut ini kita akan membahas batu merah delima mulai dari asal usulnya, kegunaan, cara merawat, cara mendapatkan, dan cara membedakan antara yang asli dan yang palsu.

  1. Batu merah delima yang asli biasanya berukuran kecil seperti biji delima.
  2. Warna batu merah delima asli nyaris merah pekat dengan tanpa adanya gelembung di bagian dalamnya.
  3. Batu MD asli akan mampu memendarkan bias merah dalam radius yang cukup jauh.
  4. Batu merah delima yang asli bila direndam dalam air akan membiaskan warna merah darah dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan batu MD yang palsu (sintesis) jika direndam, semakin lama bias warna merah darahnya akan semakin memudar karena kandungan posfornya semakin sedikit.
  5. Gelas tempat rendaman batu merah delima tidak akan mempan ditembak maupun disilet.
  6. Merah delima memiliki 6 ster ketika disorot, memiliki tingkat kekerasan dengan indeks 9, dan berbentuk bulat oval.

Kegunaan Batu Merah Delima dan Cara Merawatnya

Harganya yang cukup mahal tentu akan sebanding dengan manfaat dan kegunaan memiliki batu merah delima ini. Berikut ini adalah beberapa kegunaan batu merah delima ditinjau dari sisi spiritualis:
  1. Menghadirkan berkah dan hidayah yang berlimpah melalui terpancarnya kharisma diri, rejeki berlipat ganda, keluarga yang sakinah, serta derajat yang tinggi.
  2. Penolak bala dan guna-guna.
  3. Obat dari berbagai jenis penyakit dan obat awet muda.

Kegunaan dan manfaat dari batu merah delima tersebut hanya dapat diperoleh jika batu merah delima dirawat dengan benar. Lalu bagaimana cara merawatnya? Sebeneranya perawatan batu MD bukanlah dengan memberinya sesaji atau mencucinya dengan air bunga setaman seperti benda pusaka lainnya. Perawatan demikian adalah perawatan yang menjerumuskan anda ke dalam kesyirikan yang nyata.

Merawat batu merah delima justru dilakukan secara spiritual dengan menjaga diri pemiliknya agar tetap berbudi baik dan tidak memiliki penyakit hati. Dengan menjaga dirinya sendiri insya Alloh batu MD tidak akan hilang dan tetap akan memberi manfaat yang banyak.

Demikianlah pembahasan mengenai batu merah delima baik dari sisi sejarah dan asal-usul, cara mendapatkan dan merawatnya, membedakan antara yang asli dan yang palsu, serta kegunaan-kegunaan batu merah delima ini.

23 Responses to "Batu Merah Delima, Kegunaan, Asal-usul dan Harganya"

  1. Gak pernah paham ama yang beginian. kalau saya hanya berdoa kepada yang maha esa aja yang penting setiap saat pasti akan di jaga olehnya sebab jika kita mendekatkan diri kepada nya dengan berjalan maka dia Berlari menuju kita......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga berpikir demikian gan.. tapi beberapa bukti yang entah kebetulan atau tidak, yang ane lihat batu merah delima memang memberikan beberapa manfaat diluar nalar.

      Hapus
    2. gan cara bikin sidebar subscribed gmn gsn?

      Hapus
  2. kalau orang mampu meyelam kedalam dirinya dia akan menemukan merah delaima yang asli tuuu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan mas Azhari. Sesungguhnya kemuliaan itu ada dalam diri kita sendiri.

      Hapus
  3. Gk punya batu delima merah gk pa pa yg penting berhati delima merah . . . mulia banget deh . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo berhati cheribell itu yang payah mas Syariful. hahaa

      Hapus
  4. Hormat Tuhan atau hormat Batu sih?

    BalasHapus
  5. menyimak gan, makasih info merah delima nya

    BalasHapus
  6. Aq punya sepasang (2)butir tapi masih ghoib.diberi hadiah dari roh murid seh siti jenar yg skrg jadi prewangan anakku.Blm bisa mewujudkan tapi ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Musrik.......roh tu tidak punya kuasa lg tentang dunia...yg ada hanya jin dan setan....

      Hapus
  7. saya ad merah delima anti cukur,barangkali ad yang minat,boleh dites keaslianya

    BalasHapus
  8. Saya pernah nampak sendiri batu delima ni
    memang cantik juga...

    BalasHapus
  9. Setahu saya ini batu khasiatnya luar biasa !

    BalasHapus
  10. Ane jg punya,tp ane punya prinsip benda ya sekedar benda.dan itu hanya sebagai simbol.Pabila dr benda itu ada manfaatnya ya alhamdulillah,smuanya karena allah

    BalasHapus
  11. delima...DAL ...LIMA...( Al- Ikhlash )

    BalasHapus
  12. Gak jelas banget.. Emakk gw punya noh.. Dah turun menurun dari nenek moyang gw jaman baheula.. Tp biasa aja tuh.. Yg gw liat malah mahalan iketan kalung emasnya doank... Qwkwkwk gk jelas pada luh.. Gila batu..

    BalasHapus
  13. Siiiiiipppppp....
    Kasihan yg belum ngerti nih ....
    Gara gara postingan kayak gini nih banyak deh yg men Tuhan kan benda mati.

    BalasHapus
  14. Apapun bentuk bendanya janganlah terlalu berlebihan, Allah SWT Maha dr segalanya.
    Andai ada benda atau pusaka yg manfaat buat si pemiliknya semua atas kehendak-Nya.
    Hakekatnya pd Allah SWT.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah atas ridho Gusti ALLAH kulo diparingi MD tempate kayak Payung dgn gagang Naga sebagai tutupx.....karna smua dr ALLAH SWT dan si MD jg pny nama KI AGENG JOYO WASESA n tak taruk dikotak n tak biarkan gt aja.....byk sih yg nawar cuman aq gak kepingin uang yg bkn dr keringatQ....sekali lagi Kekuasaan GUSTI ALLAH itu memang benar adax asalkn jgn pernah mempercayai pd barang itu karna itu adalh ciptaanNYA Wallahu Alam n ngapunten sakderenge dulurQ sedoyo 🙏💂

    BalasHapus