KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

35 Rumah Adat di Indonesia + Gambar dan Pembahasan Lengkapnya 3/5

Melanjut artikel sebelumnya tentang rumah adat di Indonesia yang terletak di sekitar Pulau Jawa, pada kesempatan sore hari ini, saya akan membagikan informasi seputar rumah adat yang berasal dari tanah Borneo, Kalimantan. Berikut pemaparannya!

17. Rumah Adat Panjang, Kalimantan Barat

Rumah Panjang, begitu hunian tradisional adat asli Indonesia yang berasal dari Kalimantan Barat ini disebut. Seperti kebanyakan rumah adat di Sumatera, rumah khas suku Dayak di tanah Borneo Barat ini juga secara arsitektur tergolong dalam jenis rumah panggung. Bentuknya yang memanjang sesuai dengan namanya, tiang penyangga yang tinggi, serta anak tangga yang lebar adalah kekhasan yang membuat rumah adat satu ini berbeda dibandingkan dengan rumah adat lainnya. Namun, meski unik keberadaan rumah adat Provinsi Akcaya ini sekarang sudah mulai punah. Selain karena animo masyarakat yang lebih memilih membangun rumah dengan gaya modern, biaya untuk pembangunan dan perawatannya yang besar adalah alasan utama mengapa rumah adat panjang begitu sulit untuk dapat ditemui saat ini.

Rumah Adat di Indonesia

18. Rumah Adat Betang, Kalimantan Tengah

Meski secara demografis, Kalimantan Tengah sangat dekat dengan Kalimantan Barat, namun, bukan berarti bahwa Provinsi yang memiliki semboyan Isen Mulang ini tak memiliki rumah adatnya sendiri. Ya, Kalimantan Tengah punya rumah adat yang mereka beri nama Rumah Bentang.

Rumah bentang secara gaya arsitektur memang masih memiliki kaitan erat dengan rumah Panjang di Kalimantan Barat, namun sebetulnya ada satu hal unik yang membedakan keduanya. Rumah khas Suku Dayak Palangkaraya memiliki dimensi yang lebih besar, dimana panjang bisa mencapai 150 meter, lebar 30 meter dan tinggi antara 3-5 meter dari permukaan tanah. Dimensi yang lebih besar inilah yang membuat satu rumah bentang khas Kalimantan tengah ini dapat dihuni bahkan oleh lebih dari 150 jiwa.

Rumah Adat di Indonesia

19. Rumah Adat Lamin, Kalimantan Timur

Bergerak ke arah timur, kita akan menemui rumah yang jauh lebih unik hasil akulturasi budaya suku Dayak, Kutai, dan Banjar. Rumah Lamin begitu ia disebut, adalah rumah adat Kalimantan Timur yang menjadi ciri khas sekaligus identitas bagi Provinsi yang beribukota di Balikpapan ini di kancah pergaulan nasional.

Rumah Adat di Indonesia
Jauh melebihi rumah adat bentang dan panjang, rumah lamin memiliki dimensi benar-benar menakjubkan. Panjangnya bisa mencapai 300 meter, lebar hingga 15 meter, dan tinggi sekitar 3 meter. Dengan dimensi sebesar ini membuat 30 keluarga bisa tinggal dan hidup bersama-sama di sana.

20. Rumah Adat Bubungan Tinggi, Kalimantan Selatan

Tak mau tertinggal, masyarakat suku Banjar di Kalimantan Selatan juga punya rumah adatnya sendiri. Rumah Bubungan Tinggi begitu mereka menyebutnya, adalah rumah kebanggan bagi masyarakat Provinsi asal Ian Kasela ini. Rumah ini bahkan menjadi maskot. Lihat gaya arsitekturnya pada gambar berikut ini.

Rumah Adat di Indonesia

21. Rumah Adat Baloy, Kalimantan Utara

Meski baru berdiri 2013 lalu, bukan berarti bahwa Kalimantan Utara bisa tertinggal dalam hal kebudayaan. Provinsi yang beribukota di Tanjung Selor ini punya rumah adatnya sendiri yang mereka beri nama Rumah Baloy. Rumah baloy adalah hasil kebudayaan arsitektur dari suku Tidung, suku asli Kalimantan Utara. Desainnya yang lebih modis ketimbang rumah adat provinsi lain di Kalimantan membuat miniatur rumah adat di Indonesia yang satu ini begitu ramai dicari.

Rumah Adat di Indonesia
Nah, itulah beberapa rumah adat di Indonesia yang berasal dari tanah Borneo, Kalimantan. Cukup unik bukan? Lanjutkan membaca ya, di artikel selanjutnya kita akan membahas tentang rumah adat khas dari kebudayaan Sulawesi.

Halaman ke : 1  2  3  4  5

0 Response to "35 Rumah Adat di Indonesia + Gambar dan Pembahasan Lengkapnya 3/5"