KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Rahasia Kerajaan Hindu Tertua Di Indonesia yang Sebenarnya

Kerajaan Hindu Tertua Di Indonesia - Masuknya agama dan kebudayaan Hindu ke Indonesia telah banyak berpengaruh terhadap perubahan politik dan sistem pemerintahan di Nusantara. Beberapa kerajaan muncul dari adanya pengaruh ini mulai sejak abad ke 4 Masehi. Informasi mengenai eksistensi kerajaan-kerajaan Hindu di nusantara pada masa silam memang sangat terbatas. Hanya ada beberapa sumber berita seperti prasasti dan kabar dari kerajaan-kerajaan negara lain di masa silam.

Kerajaan Hindu Tertua Di Indonesia


Kerajaan Hindu Tertua Di Indonesia

1. Kerajaan Kutai (abad ke-4 Masehi)

Kerajaan Kutai adalah sebuah kerajaan yang terletak di hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Kerajaan ini dianggap sebagai kerajaan Hindu tertua di Indonesia karena diperkirakan sudah berdiri sejak abad ke 4 Masehi. Satu-satunya bukti yang menunjukan keberadaan kerajaan ini di masa silam adalah isi 7 prasasti Yupa yang bertuliskan berita tentang kedermawanan, kejayaan, dan silsilah raja-raja yang memerintah di kerajaan tersebut.

2. Kerajaan Tarumanegara (358–669 Masehi)

Kerajaan Hindu tertua di Indonesia selanjutnya adalah kerajaan Tarumanegara. Kerajaan yang terletak di Jawa Barat dengan pusat pemerintahan di Sundapura (sekarang Bekasi) ini diperkirakan berdiri sejak tahun 358 sampai 669 Masehi. Sumber sejarah yang membuktikan keberadaan kerajaan ini adalah beberapa prasasti yang ditemukan di wilayah yang diperkirakan menjadi area kekuasaan kerajaan ini. Prasasti-prasasti kerajaan Tarumanegara tersebut dapat Anda pelajari melalui link ini.

Kerajaan Hindu Tertua Di Indonesia

3. Kerajaan Kalingga (abad ke-6 sampai ke-7 Masehi)

Kerajaan Kalingga adalah sebuah kerajaan Hindu yang muncul sekitar abad ke-6 Masehi di Jawa Tengah. Adapun letak pusat kerajaan ini sebetulnya masih belumlah jelas. Sumber berita dari China yang menjadi satu-satunya bukti sejarah yang menjelaskan keberadaan kerajaan ini di masa silam juga belum menjelaskan secara detail di mana pusat kekuasaan kerajaan ini berada. Hanya saja, dari perkiraan yang berdasar pada berita China, kerajaan yang dipimpin oleh Ratu Maharani Shima terletak antara daerah antara Kabupaten Jepara dan Pekalongan.

Kerajaan Hindu Tertua Di Indonesia

3. Kerajaan Kanjuruhan (600 Masehi)

Kerajaan Kanjuruhan adalah sebuah kerajaan Hindu yang berdiri di Jawa Timur dengan pusat pemerintahannya berada di Kota Malang. Berdasarkan bukti tertulis yang tercantum dalam Prasasti Dinoyo, Kerajaan Kanjuruhan diperkirakan sudah berdiri sejak abad ke-6. Adapun selain prasasti, kerajaan yang dipimpin oleh Raja Gajayana ini juga mempunyai peninggalan sejarah berupa Candi Badut dan Candi Wurung yang saat ini dapat kita temui di Kota Malang.

4. Kerajaan Medang (752–1006 Masehi)

Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Hindu adalah sebuah kerajaan yang berdiri sejak abad ke 8 Masehi di Jawa Tengah dan pada abad ke-10berpindah ke Jawa Timur. Raja-raja kerajaan Hindu tertua di Indonesia ini banyak meninggalkan bukti sejarah, baik itu berupa prasasti, maupun candi-candi bercorak Hindu. Kerajaan Medang runtuh di awal abad ke-11 Masehi karena pengaruh masa kejayaan kerajaan Majapahit yang kian merajalela.

5. Kerajaan Kediri (1042-1222 Masehi)

Kerajaan Kediri adalah sebuah kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang berdiri di Jawa Timur sejak tahun 1042-1222. Kerajaan yang dulunya juga dikenal dengan sebutan Kerajaan Panjalu ini memiliki pusat pemerintahan di kota Daha (Kota Kediri sekarang).

Nah, demikianlah beberapa kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang pernah ada di masa silam. Sebetulnya masih ada banyak kerajaan-kerajaan Hindu lainnya yang pernah muncul di Nusantara hanya saja kemunculannya itu ada setelah kerajaan-kerajaan di atas ada.

0 Response to "Rahasia Kerajaan Hindu Tertua Di Indonesia yang Sebenarnya"