KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Asal Usul Agama Kristen dan Perkembangannya

Asal Usul - Agama Kristen adalah salah satu agama terbesar di dunia yang dianut oleh sekitar 21 miliyar umat manusia atau sekitar 33% dari seluruh populasi manusia di bumi. Agama kristen tersebar ke seluruh penjuru dunia. Negara-negara dari beberapa benua seperti Amerika Serikat, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika bagian Selatan, Australia, Rusia, dan Filiphina menjadi negara-negara dengan populasi kristiani terbanyak di dunia.

Perkembangan dan persebaran agama kristen di dunia yang begitu dahsyat ini dimulai dari sebuah masa di abad pertama perhitungan kalender Masehi. Adalah Nabi Isa yang dianggap sebagai Tuhan bagi masyarakat Nasrani adalah perujuk pertama hadirnya Agama Kristen di dunia. Berikut ini akan kami paparkan awal dan asal usul agama Kristen dan perkembangannya hingga saat ini.

Asal Usul Agama Kristen

Asal Usul Agama Kristen

Dalam pemahaman Islam dan bukti-bukti yang ditemukan dalam Injil sendiri, dapat disimpulkan bahwa Yesus atau Nabi Isa AS adalah nabi yang diutus Alloh untuk memberi peringatan hanya pada Bani Israil dan menyelamatkan mereka dari kesesatan.

Contoh bukti yang mendasari kesimpulan ini terdapat pada Matius 15:24 yang bunyinya “Aku hanya diutus untuk domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Atau dalam Matius 10:5-6 yang bunyinya “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain, atau masuk ke kota orang Samaria. Pergilah hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.”.

Setelah wafat, ajaran-ajaran Yesus atau Isa banyak diselewengkan oleh beberapa muridnya, salah satunya adalah Paulus, yang sebetulnya adalah seorang Yahudi dari Tarsus. Kesesatan ajaran Paulus inilah yang mempengaruhi penulisan injil-injil selanjutnya seperti injil Markus (55 M), Matius (60 M), Yohanes (80 M), dan Lukas (60 M).

Paulus merubah status Nabi Isa menjadi tuhan dan merubah statusnya sendiri sebagai nabi. Beberapa ajaran yang berasal dari Nabi Isa juga diselewengkan dan dikontaminasi oleh kepercayaan paganisme. Ajaran yang menjadi asal usul agama Kristen tersebut kemudian diberi nama Christian olehnya.

Asal Usul Agama Kristen
Karena banyak dianut oleh raja-raja di sekitaran Eropa Timur, ajaran kristen yang dibawa oleh Paulus kemudian menyebar dengan sangat cepat. Ajaran ini diwajibkan pada seluruh masyarakat dan hukumnya juga diubah-ubah sesuai kebutuhan dari para penguasa tersebut.

Penyebaran agama kristen kemudian semakin berkembang setelah masa kolonialisasi. Negara-negara Eropa yang kala itu melakukan penjelajahan samudra untuk menemukan daerah baru, membawa misi 3 G atau Glory, Gold, dan Gospel yang berarti kejayaan, kekayaan, dan injil.

Asal Usul Agama Kristen
Para penjelajah samudra membawa banyak pendeta untuk mengajarkan ajaran kristen ke seluruh daerah jajahannya. Daerah-daerah seperti Amerika Utara dan Amerika Selatan, Australia, Filiphina adalah contoh negara jajahan yang berhasil diubah menjadi memeluk kristen. Hingga kini pun agama kristen terus berkembang. Kristenisasi juga masih terus berjalan sehingga wajar jika agama ini menjadi agama terbesar di dunia.

Nah, itulah sejarah dan kisah asal usul agama Kristen yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menambah wawasan bagi Anda sekalian. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Asal Usul Agama Kristen dan Perkembangannya"