KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Asal-Usul Lahirnya Agama Hindu di Dunia

Asal-usul Agama Hindu di dunia dimulai dari masuknya Bangsa Arya ke India sejak 1500 SM. Masuknya Bangsa Arya ke India membawa perubahan yang sangat besar dalam tata kehidupan masyarakat India. Perubahan tersebut terjadi karena Bangsa Arya mengadakan integrasi kebudayaan dengan Bangsa Dravida dan selanjutnya integrasi ini melahirkan agama Hindu.

Asal-usul lahirnya agama Hindu

Asal-usul Agama Hindu

Bangsa Arya mulai menulis kitab-kitab suci Weda. Kitab suci ini dituliskan dalam 4 bagian seperti Reg Weda, Sama Weda, Yayur Weda, dan Atharwa Weda. Peradaban dan kehidupan bangsa Hindu jelas terdapat juga dalam kitab Brahmana atau dalam kitab Upanisad. Ketiga kitab inilah yang menjadi dasar pemikiran dan dasar kehidupan orang-orang Hindu.

Asal-usul agama Hindu ditindaklanjuti dengan adanya perubahan corak kehidupan di India. Corak kehidupan masyarakat Hindu tersebut dibedakan atas 4 kasta, diantaranya:
  1. Kasta Brahmana: Keagamaan.
  2. Kasta Ksatria: Pemerintahan.
  3. Kasta Wacyd (Waisya): Pertanian dan perdagangan.
  4. Kasta Cudra (Sudra): Kaum pekerja kasar.

Kepercayaan Bangsa Hindu bersifat politeisme (memuja banyak dewa). Di dalam pemujaan terhadap dewa itu sering dibuatkan patung-patung yang disesuaikan dengan peranan dewa tersebut di dalam kehidupan manusia. Patung-patung itu merupakan simbol dari dewa-dewa yang disembahnya seperti misalnya Dewa Brahma sebagai Dewa Pencipta, Dewa Wisnu sebagai Dewa Pelindung, dan Dewa Siwa sebagai Dewa Pelebur atau Pembinasa. Ketiga dewa itu diberi nama Tri Murti. Tri Murti sendiri berarti yang Maha Kuasa. Sedangkan dewa-dewa lainnya yang dipuja seperti Dewi Saraswati sebagai Dewi Kesenian dan Ilmu Pengetahuan, Dewi Sri sebagai Dewi Kesuburan, dan lain sebagainya.

Umat Hindu beranggapan bahwa, tempat suci adalah tempat bersemayamnya para dewa, sehingga umat Hindu terbiasa mengadakan ziarah ke tempat-tempat suci untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan bagi umat di dunia.

Umat Hindu berziarah ke tempat-tempat suci seperti Kota Benares, sebuah kota yang dianggap sebagai kota tempat bersemayamnya Dewa Pelabur (Dewa Siwa). Di samping itu, Sungai Gangga juga dianggap suci dan keramat oleh umat Hindu. Menurut kepercayaan merka, air dari Sungai Gangga akan dapat menyucikan segala dosa betapapun besarnya. Begitu pula tulang dan abu orang mati yang sudah dibakar dibuang ke dalam Sungai Gangga, agar orang yang meninggal masuk ke dalam surga.

Demikianlah pembahasan mengenai asal-usul agama Hindu di dunia. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Baca pula artikel kami lainnya mengenai asal-usul Agama Hindu, Agama Islam, dan Agama Kristen.

Asal-usul lahirnya agama Hindu
Asal-usul lahirnya agama Hindu
Asal-usul lahirnya agama Hindu

24 Responses to "Asal-Usul Lahirnya Agama Hindu di Dunia"

  1. Hindu meliputi banyak aspek keagamaan, tradisi, tuntunan hidup, serta aliran/sekte. Umat Hindu meyakini akan kekuasaan Yang Maha Esa, yang disebut dengan Brahman dan memuja Brahma, Wisnu atau Siwa sebagai perwujudan Brahman dalam menjalankan fungsi sebagai pencipta, pemelihara dan pelebur alam semesta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. brahma, wisnu, shiwa itu Tuhan atau dewa? dan dari mana Tau kalau mereka itu Yang Maha Esa. dan pernahkan orang yang mencatat kitab tersebut pernah bertemu dengan dewa wisnu, brahma ataupun shiwa? dan sejak kapan Tuhan atau dewa itu ada 3. lalu Esa itu artinyakan 1 kenapa ada Tuhan atau dewa 3??? bisa dijelaskan???

      Hapus
    2. Mbak Devi. Ke tiga dewa tersebut adalah manifestasi dari Tuhan. Betul, Tuhan itu satu, tapi dalam agama Hindu Tuhan itu disebut dengan banyak nama oleh orang bijaksana. Ma'af juga mbak, orang yang menulis kitab itu kan tidak bertemu Tuhan tapi ia menulis karena melihat masa depan bahwa ada kemerosotan manusia. Dan saya juga ingin menjelaskan bahwa Tuhan itu satu tapi manifestasinya ada tiga. Tau arti manifestasi ??? manifestasi artinya perwujudannya -_- Cukup sekian dari saya.

      Hapus
    3. Bli made, lalu bagaimana orang yang menulis kitab itu kan tidak bertemu Tuhan tapi ia menulis karena melihat masa depan bahwa ada kemerosotan manusia. berarti kitab tersebut dibuat oleh manusia? bukan dari Tuhan itu sendiri. sedangkan kitab itu sebagai pedoman umat beragama yang diberikan langsung oleh sang Maha pencipta. sebagai perumpamaan Bli menciptakan sebuah Laptop agar para konsumen dapat menggunakan laptopnya dengan baik dan benar oleh karena itu Bli membuat buku panduan penggunaan laptop juga kan? gak mungkin orang lain yang membuat panduan buku padahal dia bukan yang merakit laptop tersebut??? tolong dijelaskan???

      Hapus
    4. kita juga tidak bisa membuktikan secara ilmiah jelas terukur bahwa al qur an tidak di tulis oleh muhammad.... namun saya sebagai penganut MENG IMANI itu dari dasar sanubari saya.... karena sata TIDAK BERTEMU TUHAN. namun saya percaya TUHAN mengirimkan AL QUR AN untuk mengatur kebaikan semesta.

      Hapus
  2. Ya maaf ni orang suci terdahulu itu siapa? Kan pnya nama, knp dia di beri kitab trsebut? Pda tahun brp dan darimana kitab itu di dptkan?

    BalasHapus
  3. om swasti astu setiap individu boleh memilihh agamnya masing" apalagi di indonesia ada lebihh dari satu agama yg terpenting adalah sebuah persatuan di dalam keaneka ragaman dan saling menghormati sperti yg tercantum di kaki sang garuda berbeda tetapi kita satu jngan krna perbedaan mengundang perpecahan agama penting untuk menuntun sebuahh individual karna agama lah yg membatasi seseorang untuk sebuahh perbuatan ato sikap jadi mari kita saling menghormati jngn ada lagi pelecehan sosial trimakasi
    om santhi santhi santhi om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak yuli. Kita hidup dalam kebhinekatunggalikaan. Semangat bersama untuk mencapai tujuan bersama.

      Hapus
    2. Itu benar Bli. walaupun berbeda beda tetap satu juga. walaupun agama di Indonesia sangat banyak namun negaranya tetap 1 juga. namun disini saya hanya sekedar ingin tahu. dan menambah pengetahuan saja. jadi tidak terpaku dengan 1 pengetahuan saja. dan membandingkan secara logika dan dahlil naqli nya...

      Hapus
    3. Mungkin Mbak Devi bisa berkunjung ke artikel ini untuk mengetahui lebih jelas mengenai konsep ketuhanan dalam agama Hindu. Tks on

      Hapus
  4. Dgn adanya tulisan ini saya lebih tau ttg agama lain, dan saya bisa lebih menghargai agama lain.mksh

    BalasHapus
  5. ayo belajar menghargai perbedaan..
    menghujat, merasa plng benar, merasa paling pintar.. tidak diajarkan di semua agama...
    Ayo belajar belajar belajar.. sampai mengerti..

    BalasHapus
  6. Terima ksih ,,,bisa belajar ttg Hindu

    BalasHapus
  7. apa ada kitab suci yg di tulis langsung oleh tuhan? smua itu diwahyukan kepada utusanNya. kalau langsung tuhan yg tulis,
    percetakan ga laku dong.. hehehe.

    BalasHapus
  8. Dalam sebuah video di youtube oleh dr.zakir naik, banyak persamaan antara ajaran islam, hindu, dan budha.
    Misalnya tentang ke Esaan Tuhan, kedatangan nabi akhor zaman. dll
    Masalahnya kebanyaan umat beragama orang hindu jarang yang membaca kitab sucinya sendiri begitu pula umat budha dan umat islam.
    Sedangkan di islam semua yang dikitab disampaikan secara jelas oleh penceramah, di agama lain para pemuka agama menyampaikan ajaranya banyak yg disembunyikan. Jadi, ikuti kitab sucinya jangan orangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya kalo mau tau agama yg dipelajari tu kitabnya,pelajarilah kitab kita masing2 lalu adakan perbandingan tentu nanti akan ketemu kebenarannya

      Hapus
    2. @ mba Ainul dan mba Merasi: maaf mba, bukan di sembunyikan, kalau pemuka/pendeta agama di Hindu menyampaikan inti dari kitab suci, yaitu tentang kehidupan, tentang sosial. dan tiap pemuka agama punya cara sendiri tuk penyampaiannya, ini rekomendasi tentang buku/kitab suci Hindu, Veda ( Weda ) dan Bhagawad gita,

      Hapus
  9. sudahlah jangan bertengkar masalah agama. kita harus toleransi sesama pemeluk agama di indonesia. agama yang salah tu yahudi.

    BalasHapus
  10. Pembahasan menarik nih, menambah wawasan...
    Apakah agama hindu yg ada di india dan di indonesia sama?
    Dan untuk penyebaran agamanya apakah melalui perdagangan juga ya? Dan mengapa untuk mayoritas penganutnya berasal dari bali?

    BalasHapus
  11. setahu saya di india bukan agama Hindu, agama Hindu hanya dikenal di Indonesia. Di India lebih dikenal dengan setiap orang hanya memuja satu dewa saja

    BalasHapus
  12. Semua agama itu baik dimata saya gak ada yg jelek
    Kepercayaan dan keyakinan itu masing2 di diri qt
    Semua itu menuju satu titik walau arah dan jalan yg diambil berbeda
    Jgn sih qt teriak "aku islam" "aku nasrani" "aku budha" "aku hindu" itu ngga baik karna pada akhirnya nti malah timbul perbedaan
    Agama itu hanya Tuhan dan qt sendiri yg tau tak perlu diucapkan
    Jauhi larangan lakukan kebaikan antar sesama itu yg utama

    BalasHapus