KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

5 Teori Asal Usul Jenglot yang Menggemparkan Sains!

Asal Usul Jenglot - Jenglot, sosok benda misterius ini kehadirannya memang telah lama menggemparkan masyarakat Melayu. Bentuknya yang aneh menyerupai wujud manusia serta kekuatan magis yang dianggap dimilikinya, membuat tak sedikit orang yang kemudian mencari informasi seputar asal-usul benda misterius ini.

Asal Usul Jenglot

Banyak teori yang merebak dan menjelaskan tentang dari mana sebetulnya asal usul jenglot. Para arkeolog menyebut jika jenglot berasal dari fosil mahluk purbakala, sebagian masyarakat Jawa menyebutnya berasal dari petir, jin, jelmaan pertama, berasal dari manusia, dan masih banyak lagi. Namun, dari banyaknya teori yang berkembang seputar asal-usul jenglot ini, manakah yang merupakan teori yang paling tepat? Simak uraiannya berikut ini!

Asal Usul Jenglot

1. Berasal dari Petir

Mitos pertama yang banyak dipercayai oleh sebagian besar masyarakat Jawa menyebut jika jenglot sejatinya merupakan perwujudan petir yang menyambar sampai ke permukaan bumi. Kekuatan petir yang menyambar dan menyentuh rumah atau pohon bagi mereka dianggap berasal dari kekuatan jenglot ini. Mitos ini dilandasi oleh banyaknya penemuan benda-benda aneh menyerupai gigi jenglot yang tertinggal pada benda-benda yang tersambar petir.

2. Mahluk Purbakala

Teori asal usul jenglot selanjutnya berasal dari para arkeolog. Ya, para arkeolog mempercayai jika jenglot merupakan wujud mahluk purba kala yang jasadnya tetap awet dan menjadi fosil. DNA jenglot yang persis sama dengan DNA manusia membuat para arkeolog percaya jika jenglot merupakan spesies manusia mini yang punah sejak zaman es.

3. Jin yang Terperangkap dalam Boneka

Sebagian masyarakat yang menganut Islam Kejawen beranggapan bahwa jenglot adalah sosok jin jahat yang sengaja diperangkapkan dalam sebuah boneka pada zaman para wali songo. Jin jahat yang pekerjaannya selalu mengusili umat Islam telah membuat gerah para wali sehingga dengan karomah yang dimiliki, para wali kemudian memerangkapkan jin-jin jahat ini ke dalam boneka hingga saat ini.

4. Jelmaan Pertapa

Tak sedikit masyarakat Jawa percaya bahwa asal usul jenglot adalah jasad seorang pertapa sakti yang mati dalam semedinya. Roh pertapa itu masih terrperangkap dalam jasadnya namun sudah tak lagi memegang kendali lagi atas gerak-gerik tubuhnya. Roh pertapa ini tak akan bisa beranjak menuju alam kubur karena terkunci, sehingga roh tersebut akan terus berada di dalam tubuh si jenglot kecuali ada orang sakti yang melakukan ritual untuk membebaskannya.

5. Manusia yang Ditolak Bumi

Asal Usul Jenglot
Teori mengenai asal usul jenglot yang berkembang dalam masyarakat Islam menyebut jika jenglot merupakan sosok manusia sakti yang jasadnya setelah mati tidak diterima bumi. Bumi tak mau membusukan jasad manusia ini karena kejahatan-kejahatan yang dilakukan semasa hidupnya. Jasad tersebut terus mengecil hingga berukuran seperti boneka dengan gigi, rambut, dan kuku yang terus tumbuh.

Nah, itulah beberapa teori tentang asal usul jenglot yang ditinjau dari pandangan Islam, kepercayaan masyarakat, dan mitos. Anda lebih percaya teori yang mana? Silakan tuliskan pandangan Anda di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

1 Response to "5 Teori Asal Usul Jenglot yang Menggemparkan Sains!"