Blog yang Membahas Asal Usul, Kisah, Sejarah Kerajaan, dan Rahasia Dunia yang Masih Banyak Tersembunyi.

Sabtu, 26 Juli 2014

Menjawab Misteri dan Fakta Apa itu Jenglot ?

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Apa itu Jenglot ? Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan yang sering kali muncul di benak kita ketika melihat wujud jenglot yang terlihat begitu aneh dan menakutkan. Bentuknya persis seperti fosil manusia berukuran mini dengan rambut dan taring yang biasanya panjang membuat kita sering terheran-heran, mahluk apakah sebenarnya jenglot ini. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu mengetahui asal-usul jenglot baik ditinjau dari sisi spiritualis maupun dari sisi ilmiah, agar pemahaman kita tentang mahluk menakutkan yang foto-nya ada di bawah ini tidak salah kaprah.

Menjawab Misteri dan Fakta Apa itu Jenglot ?

Di kesempatan ini, Tim Author blog Kisah Asal Usul akan membahas apa itu jenglot dilihat dari kedua sisi tersebut yakni dari sisi kepercayaan spiritual dan dari hasil riset ilmuan. Selain itu, kami juga akan menghadirkan fakta tentang jenglot yang hingga kini masih terjadi di kalangan masyarakat.

Apa itu Jenglot?

Jenglot adalah suatu mahluk misterius berbentuk manusia kecil berambut panjang seperti ijuk, berkuku dan bergigi panjang, dengan tinggi tubuh kurang dari 12 cm. Berbeda dengan gundul pringis, jenglot memiliki jenis yang sangat beragam. Ada yang berbentuk persis seperti manusia, ada pula yang berbentuk separuh manusia dan separuh hewan seperti ular, buaya, dan lain sebagainya. Jenglot mulai dikenal sejak zaman nenek moyang kita dahulu. Dan hingga saat ini ia dipercaya memiliki kekuatan magis yang tersembunyi.

Menjawab Misteri dan Fakta Apa itu Jenglot ?

Supranaturalis Menjawab Misteri Apa itu Jenglot

Kepercayaan yang berkembang di kalangan masyarakat kita saat ini mengungkapkan bahwa jenglot adalah perwujudan jasad manusia yang memiliki ilmu kesaktian di masa lampau dan telah meninggal tapi jasadnya tidak diterima bumi. Bumi tidak mau menerima jasad manusia sakti tersebut biasanya karena semasa hidupnya, manusia tersebut sudah terlalu banyak melakukan dosa-dosa besar. Karena tidak bisa membusuk, jasad tersebut tetap utuh hanya saja ukurannya terus mengecil.

Jenglot dapat ditemukan di tempat-tempat tertentu pada waktu yang tidak diduga-duga. Kecelakaan lalu lintas juga biasanya terjadi karena ulah jenglot yang tengah mencari makan (darah). Jenglot juga dapat dimiliki oleh perseorangan yang memiliki tujuan tertentu. Dengan memberikan makanan -yang biasanya biasanya darah manusia segar-, jenglot dipercaya akan mau melakukan apapun yang diperintahkan oleh pemiliknya.


Hasil Penelitian Ilmuan yang Membuka Fakta “Apa Itu Jenglot?”

Lain hal dengan pendapat para supranaturalis, para ilmuan dari ahli forensik RS. Cipto Mangunkusumo dan Fakultas Kedokteran UI  yang juga tertarik untuk menjawab pertanyaan apa itu jenglot, membuktikan bahwa jenglot ternyata memang adalah makhluk yang hidup tapi bukan manusia. Dikatakan mahluk yang hidup karena jenglot mampu merubah posisi bola matanya serta kuku dan rambutnya yang terus tumbuh panjang. Jenglot juga bernafas menggunakan pori-pori di kulitnya. Sedangkan dikatakan bukan manusia karena jenglot tidak mempunyai struktur tulang seperti manusia. Tulang yang terdapat dalam tubuh jenglot hanyalah sebuah penyangga badan, jaringan kuku, dan jaringan gigi.

Dari penelitian tersebut, diketahui pula bahwa jenglot terkait dengan peninggalan sejarah 3 ribu tahun silam. Kendati penelitian ini belum mampu menjawab seutuhnya tentang apa itu jenglot, namun setidaknya kita dapat mengetahui bahwa mitos tentang jenglot seperti yang berkembang di masyarakat kita saat ini adalah tidak benar.

Kepercayaan Tentang Apa Itu Jenglot di Masyarakat

Di luar hasil penelitian para ahli forensik terhadap jenglot, masyarakat tetap mempercayai jenglot adalah sebuah benda yang memiliki kekuatan supranatural yang sangat tinggi. Hingga abad ke 20 ini pun, jenglot masih terkait erat dengan aktivitas mistis masyarakat Indonesia. Akhirnya, jenglot dikeramatkan oleh sebagian masyarakat Indonesia yang ahli SYIRIK.

Terlepas dari semua mitos tentang kekuatan jenglot, kita semua sebagai mahluk yang beragama sebaiknya menyerahkan kembali mitos dan misteri ini kepada Sang Pencipta. Jangan kita terjelembab ke dalam kepercayaan yang justru membodohkan kita. Jin, lelembut, dan sebangsanya memang tentulah ada tetapi sebaiknya kita tetap menjadikan Alloh sebagai satu-satunya penolong.  Dan akhir kata, demikianlah pembahasan mengenai MISTERI DAN FAKTA APA ITU JENGLOT, semoga dapat menjadikan hikmah bagi para pembaca sekalian.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Menjawab Misteri dan Fakta Apa itu Jenglot ?