KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Nama Asli 9 Sunan yang Tergabung dalam Wali Songo

Wali songo adalah sebutan bagi 9 sunan yang telah berjasa menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Atas berkat kerja keras mereka pulalah, saat ini agama Islam berkembang menjadi negara mayoritas bagi penduduk Indonesia. Kendati sumbangsihnya yang sangat besar tersebut sudah membuat kita berada di jalan yang terang benderang, sebagian dari kita masih banyak yang belum tahu siapa-siapa saja nama sunan yang tergabung dalam wali songo tersebut.  Menyadari hal itu, penulis blog kisah asal usul ini akan membahas nama-nama wali songo tersebut beserta asal daerahnya.

Nama Asli 9 Sunan yang Tergabung dalam Wali Songo

Nama-nama Sunan Wali Songo

Berikut ini adalah daftar nama-nama sunan walisongo beserta asal daerahnya:
  1. Maulana Malik Ibrahim, sunan walisongo yang paling lebih dahulu ada. Beliau dikabarkan berasal dari Persia dan kemudian menetap dan berkedudukan di Gresik, jawa Timur.
  2. Sunan Ampel (Ngampel), sunan walisongo yang memiliki nama asli Raden Rahmat dan berkedudukan di Ngampel, dekat Surabaya.
  3. Sunan Bonang, sunan walisongo yang semula bernama Makdum Ibrahim ini adalah anak kandung dari Sunan Ampel. Ia berkedudukan di Bonang, dekat Tuban.
  4. Sunan Drajat, sunan walisongo yang awalnya bernama Masih Munat ini adalah adik dari Sunan Bonang. Ia berkedudukan di Drajat, dekat Sedayu, Surabaya.
  5. Sunan Giri, sunan yang semula bernama Raden Paku ini adalah asli murid dari Sunan Ampel. Ia berkedudukan di bukit Giri, dekat Gresik.
  6. Sunan Muria, sunan yang berkedudukan di sungai Muria, Kudus.
  7. Sunan Kudus, sunan yang semula bernama Udung ini berkedudukan di Kudus.
  8. Sunan Kalijaga, sunan yang bernama asli Joko Said ini berkedudukan di Kadilangu, Demak.
  9. Sunan Gunung Jati, atau yang bernama asli Syarif Hidayatullah merupakan satu-satunya anggota wali songo yang menyebarkan agama Islam di Jawa Barat. Ia lahir sekitar tahun 1450 M dan wafat pada usia 120 tahun atau sekitar tahun 1520 [Update 28-0815].

Itulah nama asli dari 9 sunan yang tergabung dalam Walisongo. Perlu diketahui pula bahwa, selain wali songo, Islam juga menyebar di Indonesia berkat adanya peran beberapa ulama lain seperti Syekh Siti Jenar, Syekh Lemah Abang, dan Sunan Tembayat. Untuk mengetahui sepak terjang dari ketiga ulama tersebut, anda dapat mengunjungi artikel di Wikipedia berikut ini : id.wikipedia.org/wiki/Syekh_Siti_Jenar

6 Responses to "Nama Asli 9 Sunan yang Tergabung dalam Wali Songo"

  1. wali songo bukannya ada dr keturunan tionghoa?
    mana namanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan beberapa teori, seluruh sunan dalam Wali Songo bahkan dianggap sebagai warga Tionghoa atau keturunanya. Baca : https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20081117054121AAiC5Y0 . Tapi Teori ini sebetulnya masih bisa diperdebatkan.

      Hapus
  2. maff yh mas penulis , klo. nulis jgn asal aja yh .. itu ada yg salah .. ky sunan gunung jati itu kn syeh syarif hidayatulloh sunan gunung jati cirebon .. itu ayahnya sultan hasanudin banten mas .. nanti kn banyak pembaca awam yg ikut ngaco

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mad Gibrig. Terimakasih sekali penulis dalam hal ini sudah diingatkan. Kami ada kesalahan kutip. Fatahillah juga memiliki nama alias Sunan Gunung Jati, ini yang membuat kami kurang teliti (https://id.wikipedia.org/wiki/Fatahillah). Sekali lagi terimakasih Mad Gibrig. Kesalahan telah kami perbaiki.
      Salam Sukses.

      Hapus
  3. Sunan muria nama aslinya raden umar said

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas, nanti akan saya lengkapi

      Hapus