Blog yang Membahas Asal Usul, Kisah, Sejarah Kerajaan, dan Rahasia Dunia yang Masih Banyak Tersembunyi.

Sabtu, 02 Mei 2015

Letak Kerajaan Tarumanegara, Lokasi, Pendiri, dan Petanya

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Letak kerajaan Tarumanegara kini tak jadi lagi perdebatan. Berdasarkan bukti-bukti sejarah yang ditemukan, para ahli sepakat jika kerajaan Hindu pertama yang ada di Pulau Jawa ini berlokasi di area sekitar Jawa Barat (sekarang). Wilayah kekuasaannya meliputi Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan sebagian Jawa Tengah. Untuk lebih mengetahui secara lebih detail tentang letak Kerajaan Tarumanegara ini, beserta lokasi, ibukota, gambar, dan petanya, simak pemaparan kami berikut ini.

Letak Kerajaan Tarumanegara dan Ibu Kotanya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, letak kerajaan Tarumanegara adalah wilayah di sekitar Jawa Barat. Wilayah tersebut meluas seiring perkembangan kerajaan ini setelah dipimpin oleh Raja Purnawarman. Raja Purnawarman –seperti yang dijelaskan dalam Prasasti Ciaruteun, Prasasti Kebon Kopi, dan beberapa prasasti lainnya- adalah sosok raja yang sangat pandai berperang. Ia berhasil melakukan ekspansi atau perluasan wilayah dengan melakukan perang dan penaklukan terhadap Kerajaan Salakanagara yang sebelumnya juga ikut berkuasa di tanah Sunda. Melalui ekspansi itu, wilayah dan letak Kerajaan Tarumanegara semakin meluas bahkan hingga daerah Jakarta (Tanjung Priok) dan Banten. Wilayah dan letak kerajaan Tarumanegara tersebut seperti dijelaskan pada gambar peta di bawah ini.

Peta Kerajaan Tarumanegara

Letak Ibukota Kerajaan Tarumanegara

Terkait dengan ibu kota kerajaan, Tarumanegara berpusat di daerah Sundapura  atau yang kini kita kenal dengan nama Bekasi. Kesimpulan ini didasari oleh isi prasasti Muara Cianteun yang menyatakan jika pusat kerajaan telah berpindah pada masa kekuasaan Raja Suryawarman, yang tak lain adalah Raja ke 7 dari kerajaan Tarumanegara.

Pendiri dan Silsilah Kerajaan Tarumanegara

Berdasarkan naskah Wangsakerta, pendiri dan silsilah kerajaan Tarumanegara diketahui. Ya, berawal dari sebuah kerajaan kecil bagian dari Kerajaan Sakalapura, Jayasingawarman berhasil memberontak dan membangun kerajaannya sendiri. Ia lah yang menjadi pendiri Kerajaan Tarumanegara. Secara turun-temurun, ia kemudian mewariskan tahtanya pada anak, cucu, dan keturunannya.

Untuk lebih jelasnya, silsilah kerajaan Tarumanegara diurutkan melalu numbering berikut ini:
  1. Raja Jayasingawarman (358 M - 382 M.), ayah dari – Pendiri Kerajaan Tarumanegara
  2. Raja Dharmayawarman (382 M - 395 M.) ayah dari
  3. Raja Purnawarman (395M - 434 M.) ayah dari –Masa Kejayaan Tarumanegara
  4. Raja Wisnuwarman (434 M - 455 M.) ayah dari
  5. Raja Indrawarman (455 M - 515 M.) ayah dari
  6. Raja Candrawarman (515 M - 535 M.) ayah dari
  7. Raja Suryawarman (535 M - 561 M.) ayah dari
  8. Raja Kertawarman (561M - 628 M.) ayah dari
  9. Raja Sudhawarman (628 M - 639 M.) ayah dari
  10. Raja Hariwangsawarman (639 M - 640 M.) ayah dari
  11. Raja Nagajayawarman (640 M - 666 M.) ayah dari
  12. Raja Linggawarman (666 M - 669 M.) mertua dari
  13. Raja Tarusbawa (669 M – keruntuhan Kerajaan Tarumanegara).

Nah, demikianlah informasi seputar letak kerajaan Tarumanegara, peta, silsilah, raja, dan lokasinya. Semoga bisa menjadi gambaran dalam pemahaman sejarah kerajaan Tarumanegara di masa lalu.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Letak Kerajaan Tarumanegara, Lokasi, Pendiri, dan Petanya