KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Sejarah Kerajaan Tarumanegara, Pendirian hingga Keruntuhannya [LENGKAP]

Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan bercorak Hindu yang pernah ada di Kepulauan Indonesia. Kerajaan yang terletak di daerah Jawa Barat  ini didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman sekitar antara tahun 358 - 450 M. Beberapa sumber berita dan peninggalan seperti prasasti, candi, dan benda purbakala telah membenarkan keberadaan kerajaan ini di masa silam. Berikut ini akan kita simak rangkuman mengenai sejarah Kerajaan Tarumanegara yang mungkin bisa Anda gunakan sebagai referensi tugas sekolah atau bahan bacaan semata.

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Para ahli sejarah telah sepakat membenarkan jika kerajaan Tarumanegara memang benar-benar ada di masa lampau. Kesepakatan tersebut dibuat berdasarkan bukti sejarah yang berupa keterangan 7 prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara, berita dari Kerajaan China, benda purbakala, dan naskah Wangsakerta. Untuk mengetahui seputar keempat sumber berita tersebut, silakan kunjungi artikel kami yang berjudul  4 Sumber Sejarah Kerajaan Tarumanegara, Prasasti Salah Satunya.

Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Terbentuk, Masa Kejayaan, dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

Dari berbagai sumber sejarah tersebut, para ahli kemudian menyimpulkan jika terbentuknya kerajaan Tarumanegara dimotori oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada sekitar tahun 450 M.

Kerajaan ini kemudian mencapai masa kejayaan pada pemerintahan Raja Purnawarman. Purnawarman merupakan cucu dari pendiri kerajaan Tarumanegara, Jayasingawarna. Ia berhasil memperluas wilayah kekuasaan kerajaan, membangun banyak infrastruktur, dan mensejahterakan rakyatnya. Keterangan mengenai masa kejayaan ini dapat ditemukan dalam tulisan yang terpahat di prasasti Tugu.

Tarumanegara kemudian runtuh pada masa pemerintahan Raja Tarusbawa, raja ke 13 dari silsilah raja-raja Kerajaan Tarumanegara. Keruntuhan kerajaan Tarumanegara disebabkan oleh lemahnya kekuatan Tarusbawa dan besarnya gempuran kerajaan-kerajaan lain di sekitar Pulau Jawa, seperti Majapahit misalnya.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai rentang waktu dari awal pembentukan hingga keruntuhan kerajaan tarumanegara, silakan Anda kunjungi artikel kami yang berjudul Terbentuk, Masa Kejayaan, dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara.

Letak Kerajaan Tarumanegara, Lokasi, Pendiri, dan Petanya

Seperti telah diketahui, Kerajaan Tarumanegara terletak di Jawa Barat sedangkan ibukotanya di Bekasi (Sundapura). Wilayah kekuasaannya meliputi seluruh Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, Jakarta, dan Banten. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat peta Kerajaan Tarumanegara di bawah ini
peta Kerajaan Tarumanegara

Sejarah Kerajaan Tarumanegara: Sosial, Ekonomi, Politik, dan Sistem Pemerintahan

Berdasarkan tulisan yang terdapat pada naskah Wangsakerta diketahui bahwa Kerajaan Tarumanegara yang bersistem monarki absolut ini mulai dari pendirian hingga keruntuhannya telah mengalami pergantian raja sebanyak 13 kali. Ketigabelas raja kerajaan Tarumanegara itu telah disebutkan pada artikel ini.

Terkait dengan sektor perekonomian, Tarumanegara cenderung mengandalkan pertanian sebagai penghasilan utama. Ini dibuktikan oleh pembangunan sungai Gomati dan sungai Candrapura sebagai usaha untuk mengatasi banjir dan sarana irigasi bagi lahan pertanian di masa itu. Selain pertanian, peternakan, dan perburuan, dan perdagangan juga cukup vital bagi kehidupan ekonomi Kerajaan Tarumanegara.

Dalam kehidupan sosial-budaya dan keagamaan, pengaruh Hindu sangat kental terasa dari peninggalan-peninggalan kerajaan tarumanegara yang selama ini ditemukan. Pengaruh hindu ini telah menyebabkan masyarakat Kerajaan Tarumanegara telah mengenal sistem dewa-dewi, mitologi, bahasa Sansekert dan aksara Palawa, serta upacara-upacara keagamaan Hindu. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai kehidupan sosial, ekonomi, politik dan sistem pemerintahan Kerajaan Tarumanegara, silakan kunjungi link ini.

Demikianlah sedikit pemaparan mengenai sejarah Kerajaan Tarumanegara. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan jika ada pertanyaan,  kritik, atau saran, sampaikanlah dengan cara yang benar melalui kolom komentar di bawah ini.

0 Response to "Sejarah Kerajaan Tarumanegara, Pendirian hingga Keruntuhannya [LENGKAP]"