KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi Dan 8 Contoh Gambar Karyanya

Berdasarkan wujudnya, seni rupa dibedakan menjadi seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Setelah pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian dan contoh seni rupa 3 dimensi, di kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang pengertian seni rupa dua dimensi dan contohnya lengkap dengan gambar karyanya. Pembahasan kali ini mungkin akan sangat bermanfaat bagi Anda para siswa siswi yang tengah mempelajari mata pelajaran Seni Budaya Indonesia di SMP/sederajat atau SMA/sederajat. Silakan disimak.

Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi

Pengertian seni rupa dua dimensi didefinisikan sebagai suatu seni yang tertuang hanya dalam dimensi panjang dan lebar. Seni rupa ini menghasilkan karya yang hanya dapat dilihat dari satu sisi saja. Ia tidak memiliki kedalaman karena hanya tergambar dalam sebuah bidang datar saja.

Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi
Contoh Karya Seni Rupa Dua Dimensi : Mozaik 

Contoh Karya Seni Rupa Dua Dimensi

Berdasarkan pengertian seni rupa dua dimensi di atas, dapat kita simpulkan bahwa setiap benda seni yang tertuang dalam dimensi panjang dan lebar saja berarti itu merupakan contoh karya seni dua dimensi. Beberapa contoh karya seni dua dimensi tersebut antara lain lukisan, kaligrafi, foto, ilustrasi, dan lain sebagainya. Berikut adalah penjelasan mengenai contoh-contoh tersebut lengkap dengan gambar dan keterangannya.

1. Lukisan

Lukisan adalah contoh seni rupa dua dimensi yang paling lazim kita temui. Benda seni ini menggambarkan bentuk-bentuk tertentu dibuat di kanvas kering. Harmonisasi unsur-unsur seni rupa yang dipadukan di atas bidang dua dimensi oleh para pelukis akan menghasilkan gambar dengan nilai estetis yang tinggi. Gambar berikut adalah contoh lukisan yang dibuat dengan aliran naturalisme.

Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi

2. Seni Fotografi

Perkembangan teknologi kamera telah membawa perubahan besar dalam variasi cabang-cabang seni rupa. Kini, jenis seni satu ini begitu digandrungi kaula muda kita. Fotografi bisa menjadi salah satu ajang untuk mengekspresikan diri mereka. menilik pada pengertian seni rupa dua dimensi di atas, fotografi juga termasuk menjadi salah satu contohnya.

3. Seni Grafis

Era digital telah melahirkan cabang seni rupa baru. Seni grafis adalah seni yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi komputerisasi. Para desainer muda Indonesia terbukti memiliki keahlian mumpuni dalam bidang seni yang satu ini. Seni grafis menjadi salah satu contoh seni rupa dua dimensi yang merupakan hasil perpaduan antara jiwa seni dan keterampilan olah digital.

4. Seni Kaligrafi

Kaligrafi adalah sebuah rangkaian huruf yang disusun sedemikian rupa sehingga wujudnya menyerupai bentuk-bentuk tertentu. Jenis huruf yang dapat digunakan dalam kaligrafi antara lain huruf Arab atau huruf Hijaiyah, huruf Jawa, dan huruf Jepang. Akan tetapi di Indonesia, kaligrafi huruf Arab-lah yang paling populer. Kita lazimnya menemukan contoh seni rupa dua dimensi ini di Masjid atau di rumah-rumah orang Muslim sebagai pajangan dinding.

Contoh Karya Seni Rupa Dua Dimensi

5. Seni Mozaik

Seni mozaik adalah seni menyusun remahan benda kecil seperti kulit telur, kaca, serpihan kayu, keramik, dan benda-benda lainnya sehingga hasil susunannya menyerupai wujud tertentu dan memiliki nilai estetis tinggi. Sejalan dengan pengertian seni rupa dua dimensi di atas, seni mozaik juga merupakan contoh seni rupa dua dimensi karena mereka hanya tertuang dalam dimensi panjang dan lebar saja.

Demikianlah pemaparan kami mengenai pengertian seni rupa dua dimensi dan contohnya lengkap. Adakah di antara Anda yang bisa menyebutkan contoh seni rupa dua dimensi lainnya? Silakan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini! Terimakasih.

0 Response to "Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi Dan 8 Contoh Gambar Karyanya"