KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Contoh Seni Rupa Terapan dan 15 Gambar Karya yang Dihasilkan

Seni rupa terapan adalah suatu seni yang hasil karyanya memiliki 2 nilai fungsi sekaligus, yaitu fungsi praktis dan fungsi estetis. Fungsi praktis terkait dengan bagaimana karya dari seni ini digunakan secara praktis dalam kehidupan sehari hari, sedangkan fungsi estetis terkait dengan nilai-nilai keindahan yang terkandung dalam karya seni tersebut. Pada artikel kali ini, kita akan membahas seputar contoh seni rupa terapan beserta gambar dari karya yang dihasilkan dari masing-masing cabang seni tersebut. Silakan disimak!

Contoh Seni Rupa Terapan

Ada beberapa cabang seni yang sebetulnya merupakan contoh seni rupa terapan namun sering kali kita lupakan. Beberapa cabang seni tersebut antara lain seni arsitektur, seni ilustrasi, seni grafis, seni dekorasi, dan seni kriya.

Contoh Seni Rupa Terapan

1. Seni Arsitektur

Seni arsitektur atau seni bangunan adalah cabang seni yang bergerak di bidang pembuatan bangunan baik berupa gedung, rumah, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Selain mengutamakan kekuatan dari bangunan yang dibuat, para arsitek sebisa mungkin juga memasukan nilai-nilai estetis ke dalamnya sesuai dengan prinsip prinsip seni rupa yang diinginkan. Contoh seni rupa terapan yang satu ini menghasilkan beberapa karya antara lain rumah adat, tempat ibadah, tempat tinggal, bangunan kantor, bangunan tanah, dan lain-lain.


2. Seni Ilustrasi

Seni ilustrasi adalah seni yang menghasilkan karya berupa gambar atau ilustrasi untuk memperinci atau menjelaskan naskah atau teks yang sulit dimengerti. Contoh dari seni terapan yang satu ini menghasilkan karya berupa ilustrasi dalam buku bacaan siswa Sekolah Dasar, karikatur politik, buku pelajaran, cerpen, iklan, dan lain sebagainya.

3. Seni Desain Grafis Terapan

Seni desain grafis terapan adalah sebuah seni yang menghasilkan gambar atau lukisan yang dibuat menggunakan perangkat elektronik modern. Gambar atau lukisan yang dihasilkan umumnya berguna sebagai media komunikasi misalnya seperti yang dapat kita lihat pada poster iklan, spanduk, banner, dan lain sebagainya. Seni desain grafis juga dapat dikategorikan sebagai contoh seni rupa modern.

Contoh Seni Rupa Terapan

4. Seni Dekorasi

Seni dekorasi juga merupakan salah satu contoh seni rupa terapan. Seni ini digunakan untuk mempercantik atau menghiasi suatu ruangan agar tampak lebih menarik dan anggun. Bukan hanya itu, dari sisi praktis, seni dekorasi juga membuat penggunaan dari sebuah ruangan menjadi lebih mudah, terutama jika penggunaan ruangan tersebut terbatas pada suatu tujuan tertentu.

5. Seni Kriya Terapan

Seni kriya adalah seni kerajinan tangan yang karyanya dapat digunakan untuk kepentingan praktis. Berdasarkan bahan pembuatannya, seni kriya dibagi menjadi beberapa cabang antara lain kriya logam, kriya kayu, kriya kulit, kriya tekstil, kriya batu, dan kriya keramik. Sedangkan berdasarkan teknik pembuatannya, contoh seni rupa terapan ini dibagi menjadi kriya ukir, kriya tenun, kriya pahat, kriya anyaman, dan kriya bordir. Adapun beberapa benda yang merupakan hasil seni kriya ini dapat dengan mudah kita jumpai, antara lain batu akik, wayang, kain, perkakas logam, dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah beberapa contoh seni rupa terapan yang dapat kami sampaikan. Dapat diambil kesimpulan bahwa seni rupa terapan ternyata dapat ditemukan pada beberapa cabang seni yang antara lain seni arsitektur, seni ilustrasi, seni desain grafis terapan, seni dekorasi, dan seni kriya terapan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Contoh Seni Rupa Terapan dan 15 Gambar Karya yang Dihasilkan"