Blog yang Membahas Asal Usul, Kisah, Sejarah Kerajaan, dan Rahasia Dunia yang Masih Banyak Tersembunyi.

Rabu, 13 Januari 2016

Seni Rupa Modern : Pengertian, Aliran, Ciri-ciri, dan Contohnya

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Berdasarkan masa munculnya, seni rupa dibedakan menjadi 3 yaitu seni rupa tradisional daerah, seni rupa kontemporer, dan seni rupa modern. Pada artikel kali ini, kita akan membahas salah satu dari ketiga kesenian tersebut. Kita akan membahas tentang seni rupa modern mulai dari pengertian, ciri-ciri, aliran, dan contoh-contoh karyanya disertai gambar lengkapnya. Silakan disimak!

Seni Rupa Modern

Seni rupa modern terlahir akibat adanya dorongan untuk tetap menjaga nilai estetik yang terus terancam oleh beragam permasalahan. Seni rupa modern melahirkan “Conceptual Art “ atau “Seni Konseptual”. Conceptual Art adalah suatu usaha menempatkan ide, konsep, dan gagasan sebagai masalah utama dalam menciptakan karya seni. Adapun bentuk objek dan material yang menjadi unsur seni rupa hanya dianggap sebagai efek samping dari konsep tersebut.

Seni Rupa Modern : Pengertian, Aliran, Ciri-ciri, dan Contohnya

1. Pengertian Seni Rupa Modern

Pengertian seni rupa modern didefinisikan sebagai seni rupa diciptakan dengan ide dan wujud yang tidak terbatas pada budaya atau pakem-pakem suatu daerah. Seni rupa modern adalah hasil karya seni rupa yang tercipta dari kreativitas dan inovasi. Karya-karya dalam seni rupa modern menekankan beberapa unsur yang antara lain unsur eksperimen, pembaruan, kebaruan, dan orisinalitas.

Kendati diciptakan dengan ide dan wujud yang tidak terbatas pada pakem tertentu, seni rupa modern tetap mengandung filosofi dan disesuaikan dengan aliran-aliran seni rupa yang ada.


2. Aliran Seni Rupa Modern

Ada 15 aliran seni rupa modern. Aliran-aliran tersebut antara lain aliran Naturalisme, Realisme, Romantisme, Impresionisme, Ekspresionisme, Kubisme, Fauvisme, Dadaisme, Futurisme, Surealisme, Pop Art (Popular Art), Post Modern (Kontemporer), Konstruktivisme, Neo-Klasik, dan Abstraksionisme. Untuk mengetahui penjelasan dan keterangan dari ke 15 aliran seni rupa tersebut, Anda bisa berkunjung ke artikel ini.

3. Ciri-ciri Seni Rupa Modern

Karya-karya dalam seni rupa modern dapat dikenali melalui beberapa ciri. Ciri-ciri seni rupa modern tersebut antara lain:
  • Tidak terikat pada pakem-pakem tertentu.
  • Minimalis
  • Rasionalitas
  • Dominan bentuk-bentuk geometris
  • Tidak ada unsur ornament
  • Universal
  • Fungsionalitas diprioritaskan
  • Orisinalitas
  • Penguatan dalam konsep
  • Kreativitas
  • Memutus hubungan dengan sejarah

4.   Fungsi dan Tujuan Seni Modern

Hadirnya seni rupa modern telah memberikan beragam manfaat. Manfaat, tujuan, dan fungsi seni rupa modern tersebut antara lain:
  • Seni rupa modern memberikan warna baru dalam pemenuhan kebutuhan fisik dan psikis manusia. Kebutuhan fisik manusia dipenuhi oleh munculnya bentuk-bentuk dan desain arsitektur baru dan seperti  alat-alat transportasi, rumah, fashion, dan lain-lain. Sedangkan kebutuhan psikis manusia dipenuhi oleh munculnya aliran-aliran seni rupa baru, misalnya dalam seni lukis atau cabang seni rupa lainnya.
  • Meningkatkan kepopuleran para seniman, hal ini karena pada setiap karya yang diciptakan nama seniman pembuatnya selalu disertakan.
  • Penemuan-penemuan baru hasil eksperimen para seniman modern memberikan masyarakat banyak pilihan dalam menentukan karya seni yang disukainya.

5. Contoh Seni Rupa Modern

Contoh seni rupa modern dapat kita temukan pada lukisan-lukisan karya beberapa seniman tanah air seperti Raden Saleh, Abdulah Sr, Syarif Bustaman, Pirngadi, Wakidi, Basuki Abdullah, Wahid Somantri, S. Sujoyono, Agus Jaya Suminta, Ramli, Otto Jaya S, Tutur, Abdul Salam, dan Emira Sunarsa.

Nah, demikianlah pemaparan seputar pengertian seni rupa modern, aliran, ciri, fungsi, serta contoh karya seni rupa modern disertai gambarnya. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Seni Rupa Modern : Pengertian, Aliran, Ciri-ciri, dan Contohnya