KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Pengertian Alat Musik Ritmis, 9 Contoh dan Gambarnya

Seperti sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, alat musik berdasarkan fungsinya terbagi menjadi 3, yaitu alat musik harmonis, alat musik ritmis, dan alat musik melodis. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih jauh seputar salah satu dari 3 alat musik tersebut yaitu mengenai alat musik ritmis, terkhusus mengenai pengertian, contoh, serta beragam cara memainkannya. Silakan disimak.

Pengertian Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu, melainkan hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu. Beberapa contoh alat musik ini misalnya drum, marakas, simbal, tamborin, timpani, triangle, konga, timpani, kastanyet, rebana, tifa, dan kendang. Secara umum, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul, namun ada pula beberapa alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara digesek dan dikocok (digoyangkan).

pengertian alat musik ritmis

Contoh Nama Alat Musik Ritmis dan Gambarnya

Dengan perkembangan seni musik dunia yang begitu pesat, pada masa sekarang ini kita dapat menemukan banyak sekali contoh alat musik ritmis. Adapun beragam contoh tersebut dapat kita kategorikan menjadi jenis alat musik tradisional dan jenis alat musik modern. Berikut ini adalah beberapa contoh alat musik ritmis berdasarkan penggolongan tersebut lengkap dengan pembahasan dan gambarnya.

1. Kendang

Yang pertama adalah kendang atau gendang. Alat musik tradisional Jawa ini juga merupakan alat musik ritmis yang dimainkan sebagai pengatur irama. Biasanya dimainkan sebagai pelengkap iringan musik gamelan yang dipentaskan saat pertunjukan wayang, tari jaipong, sinden, atau campur sari. Kendang ada beragam macamnya, ada kendang ketipung (ukuran kecil), kendang ciblon atau kebar (ukuran menengah), dan kendang kalih (ukuran besar). Semua macam kendang ini dimainkan dengan cara diteplak atau dipukul.

gambar alat musik ritmis beserta namanya

2. Tifa

Tifa adalah alat musik tradisonal Papua yang juga termasuk jenis alat musik ritmis. Berdasarkan cara memainkan, bentuk, serta bahan pembuatannya, alat musik ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan gendang Jawa, hanya saja bentuk tabungnya yang ramping memanjang membuat ia umumnya dimainkan sambil berdiri. Tifa seringkali dimainkan saat digelarnya upacara adat Papua atau pesta-pesta adat.

3. Tamborin

Tamborin adalah alat musik ritmis tradisional yang dapat menghasilkan 2 bunyi sekaligus saat dimainkan. Bunyi pertama berupa suara gemerincing yang berasal dari tumbukan logam pada bagian sisi, sedangkan bunyi kedua berupa suara tabuhan yang berasal dari bagian membrannya. Alat musik ini diketahui berasal dari Eropa, namun di beberapa belahan dunia lain alat musik serupa juga banyak ditemukan.

alat musik ritmis dan penjelasannya

4. Drum

Drum adalah kelompok alat musik ritmis yang terbuat dari kulit atau plastik yang direntangkan pada sebuah lubang tabung dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik atau pemukul khusus. Dalam pertunjukan musik rock, pop, dan jazz, drum umumnya mengacu pada satu set alat musik yang terdiri dari bass drum, snare drum, hi-hat, tom-tom, cymbal, dan lain sebagainya. Orang yang memainkan drum set ini disebut dengan istilah drummer.

5. Triangle

Triangle juga merupakan salah satu contoh alat musik ritmis modern. Alat musik yang berbentuk segitiga dan terbuat dari bahan logam ini menghasilkan bunyi ketika dipukul pada bagian sisi luar maupun dalam menggunakan pemukul logam pula. Triangle biasanya dimainkan pada musik-musik slow, seperti pop, jazz, atau dangdut.

Nah, demikianlah sekilas pembahasan kami mengenai pengertian alat musik ritmis beserta contoh dan gambarnya lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan mari kita lanjutkan pembahasan kita mengenai alat musik harmonis pada artikel selanjutnya.

0 Response to "Pengertian Alat Musik Ritmis, 9 Contoh dan Gambarnya"