KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

10 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah, Gambar, dan Keterangannya

Kebudayaan masyarakat Jawa memang dikenal sebagai kebudayaan termaju di antara suku-suku lain yang hidup di Nusantara. Selain dikenal dengan filosofi kehidupan, mitos, hukum adat istiadat, upacara adat Jawa, lagu khas, dan makanan-makanan uniknya, terkait dengan masalah seni musik, masyarakat Jawa juga dikenal memiliki sesuatu yang istimewa. Salah satu bukti yang dapat menunjukan keistimewaan tersebut misalnya adalah adanya beberapa alat musik tradisional Jawa Tengah yang hingga kini kita masih dapat kita temukan.

Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Hal utama yang membuat masih eksisnya keberadaan pertunjukan seni tradisional Jawa di tengah arus globalisasi yang tanpa saringan ini adalah kecintaan masyarakat suku Jawa itu sendiri dalam melestarikan kebudayaan lokalnya. Kita patut mengapresiasi hal tersebut dan bisa mencontohnya, kemudian melestarikannya agar anak cucu kita kelak bisa mengenal kebudayaan nenek moyangnya di masa silam. Nah, berikut ini adalah daftar alat musik tradisional Jawa Tengah beserta gambar dan keterangan singkatnya untuk pembelajaran bagi kita semua.

alat musik tradisional Jawa Tengah

1. Kendang

Kendang adalah alat musik tradisional Jawa Tengah yang terbuat dari kulit hewan (lembu, kambing, dan sapi) dan kayu (nangka, cempedak, dan kelapa). Dimainkan dengan cara ditepak dengan telapak tangan, alat musik ini menghasilkan bunyi yang dapat menjadi penanda bagi pemain alat musik gamelan lainnya untuk mengatur tempo atau irama lagu.

2. Bonang

Bonang adalah alat musik tradisional yang juga dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini umumnya terbuat dari logam-logam seperti kuningan, perunggu, atau besi. Untuk memainkan alat musik ini, bonang dipukul menggunakan pemukul khusus yang terbuat dari kayu yang dilapisi dengan kain atau karet. Ada 2 jenis bonang, pertama adalah bonang barung yang berukuran lebih besar dan berfungsi sebagai pembuka atau penuntun dari sebuah iringan musik gamelan, dan bonang penerus yang berukuran lebih kecil dan digunakan pada saat-saat tertentu saja.

alat musik tradisional Jawa Tengah

3. Saron

Saron atau ricik merupakan bagian dari alat musik gamelan yang termasuk keluarga balungan. Instrumen yang terbuat dari lembaran-lembaran logam ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus yang terbuat dari kayu. Saat setelah dipukul, wilahan harus dipencet atau dipathet untuk menghentikan dengungan yang dihasilkan sebelum wilahan lainnya dipukul.

alat musik tradisional Jawa Tengah

4. Demung

Demung adalah saron yang berukuran besar. Dalam sebuah pertunjukan, alat musik tradisional Jawa Tengah yang satu ini juga dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus. Ada 2 jenis demung yang biasanya dimainkan, yaitu demung Slendro dan demung Pelog. Perbedaan keduanya terletak pada ukuran dan bunyi yang dihasilkan.

5. Kenong

Kenong adalah instrumen yang berfungsi sebagai penegas sebuah iringan musik dalam permainan gamelan. Alat musik tradisional Jawa Tengah yang satu ini juga dibunyikan dengan cara dipukul. Kenong mempunyai bentuk yang sama persis dengan bonang.

alat musik tradisional Jawa Tengah

6. Slenthem

Slenthem adalah alat musik tradisional Jawa Tengah yang dimainkan untuk menghasilkan dengungan rendah atau gema. Dengungan dari slenthem ini akan mengikuti nada saron dan balungan. Ia juga dimainkan dengan cara dipukul.

alat musik tradisional Jawa Tengah

7. Gong dan Kempul

Gong dan kempul terbuat dari timah atau tembaga. Alat musik tradisional Jawa Tengah ini juga dimainkan dengan cara dipukul.

alat musik tradisional Jawa Tengah

8. Gambang

Gambang adalah alat musik tradisional Jawa Tengah yang terbuat dari bahan kayu dan difungsikan sebagai pangrengga lagu. Instrumen yang berbentuk rangkaian 20 bilah nada ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tabung khusus.

alat musik tradisional Jawa Tengah

9. Siter

Siter adalah salah satu alat musik tradisional Jawa Tengah yang dimainkan dengan cara dipetik. Sumber bunyi yang berasal dari string (kawat) pada instrumen ini menghasilkan nada-nada harmonis yang kian memperindah untaian musik gamelan. Ada 2 jenis siter, yaitu siter penerus (kecil) dan clempung (besar).

alat musik tradisional Jawa Tengah

10. Suling

Suling juga merupakan instrumen penting dalam permainan gamelan. Terbuat dari pring wuluh atau paralon, alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup ini menghasilkan nada-nada yang laras dan mampu melengkapi harmonisasi dari bunyi alat musik lainnya.

alat musik tradisional Jawa Tengah
Nah, demikian pemaparan kami mengenai 10 alat musik tradisional Jawa Tengah beserta gambar dan sekilas keterangannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita. Jika ada yang kurang dimengerti, silakan ajukan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ini.

0 Response to "10 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah, Gambar, dan Keterangannya"