KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Asal Usul Suku Jawa, Orang Jawa Harus Tahu!

Asal Usul - Suku Jawa adalah suku bangsa terbesar yang tinggal di Indonesia dengan jumlah sekitar 120 juta jiwa atau sekitar 45% populasi manusia di Nusantara. Bukan hanya tinggal di pulau Jawa, orang-orang dari suku ini juga menyebar ke seluruh pelosok Indonesia, terutama setelah dilakukannya program transmigrasi oleh pemerintahan Orde Baru pada 4 dasawarsa silam.

Asal Usul Suku Jawa

Suku Jawa kini memang telah menyebar ke seluruh nusantara, bahkan dunia. Namun tak banyak orang tahu tentang bagaimana sejarah dan asal usul orang Jawa hingga bisa tinggal dan menetap di pulau yang sekarang mereka sebut pulau Jawa itu. Apakah memang nenek moyang suku Jawa adalah asli penduduk pribumi di sana? Ataukah mereka berasal dari belahan bumi lain yang datang dan menjadi pendatang? Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa teori yang menjelaskan tentang bagaimana sebetulnya asal usul suku Jawa di Indonesia.

Asal Usul Suku Jawa

Menurut Arkeolog

Teori tentang asal usul suku Jawa yang pertama dikemukakan oleh para arkeolog. Ya, para arkeolog meyakini jika nenek moyang suku Jawa memang pribumi yang tinggal sejak satu juta tahun yang lalu di pulau Jawa. Berdasarkan penelitian yang mendalam, mereka telah menemukan beberapa fosil seperti Pithecanthropus Erectus dan Homo sapiens. Kedua fosil ini diperkirakan adalah manusia purba yang menjadi nenek moyang suku Jawa. Setelah dilakukan perbandingan, DNA manusia purba ini ternyata memang tidak berbeda jauh dengan Manusia suku Jawa saat ini.

Menurut Sejarawan

Berbeda dengan pendapat para arkeolog, para sejarawan justru meyakini jika asal usul suku Jawa berasal dari orang-orang Yunan, China masa lampau yang melakukan pengembaraan ke seluruh wilayah nusantara. Pendapat ini sangat terkait erat dengan teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dan memiliki cukup banyak bukti kuat. Untuk mengetahui bukti-bukti tersebut, Anda dapat berkunjung pada artikel ini.

Asal Usul Orang Jawa

Menurut Tulisan Kuno India

Ada sebuah tulisan kuno yang berasal dari India menyebut jika beberapa pulau di Nusantara termasuk juga Nusa Kendang –sebutan pulau Jawa pada zaman itu adalah tanah yang menyatu dengan daratan Asia dan Australia. Pulau Jawa dan beberapa pulau lainnya kemudian terpisah oleh meningkatnya permukaan air laut dalam jangka waktu yang lama. Adapun dalam tulisan tersebut disebutkan pula bahwa seorang pengembara bernama Aji Saka adalah orang yang pertama kali menginjakan kaki di daratan Jawa ini. Ia menetap di sana bersama beberapa orang pengawalnya dan menjadikan mereka sebagai nenek moyang orang dari suku Jawa.

Menurut Babad Jawa Kuno

Asal usul nenek moyang suku Jawa juga disebutkan dalam Babad Kuno tanah Jawa. Dalam babad ini diceritakan bahwa seorang pangeran dari kerajaan Kling bersama para pengikutnya yang tersisih akibat perebutan kekuasaan membuka lahan baru di sebuah pulau terpencil dan masih belum berpenghuni. Mereka hidup menetap dan berkoloni membentuk sebuah kerajaan baru di sana dan membangun peradabannya sendiri. Kerajaan tersebut pada masa selanjutnya dikenal dengan nama Javaceckwara.

Asal Usul Orang Jawa

Menurut Surat Kuno Keraton Malang

Sejarah tentang asal usul suku Jawa juga ditemukan dalam sebuah surat kuno dari keraton Malang. Dalam surat itu disebutkan bahwa asal usul orang Jawa dimulai ketika Raja Rum – Raja dari kesultanan Turki pada 450 tahun SM mengirim rakyatnya untuk membuka lahan di pulau kekuasaannya yang masih belum berpenghuni. Para rakyat yang dikirim terbagi menjadi beberapa gelombang ini merasa sangat senang karena menemukan pulau yang sangat subur. Tanaman mudah hidup dan bahan pangan mudah ditemukan. Salah satu tanaman yang banyak tumbuh liar di pulau ini adalah tanaman Jawi. Oleh orang-orang yang datang, nama tanaman ini kemudian dijadikan nama pulau tersebut, Pulau Jawi.

Nah, itulah beberapa teori tentang asal usul suku Jawa di Indonesia dan perkembangannya. Teori mana yang lebih Anda yakini? Entahlah, sayapun tak tahu pasti. Semoga bermanfaat.

7 Responses to "Asal Usul Suku Jawa, Orang Jawa Harus Tahu!"

  1. Jadi kesimpulanya gimana? Turunan manusia purba atau china atau turki?

    BalasHapus
  2. Saya kira ada banyak versi lagi jika membahas siapa orang Jawa dan dari mana asal muasalnya. Tentu jika dilihat dari kepercayaan agama masyarakat Jawa maka melihat Populasi dari 40 anak Nabi Adam AS yang menyebar tsb.

    BalasHapus
  3. Percaya darwin saya pindah agama. Masa nabi Adam di bilang monyet. Ya Allah tolong berikan lah yang tetbaik untuk yg percaya teori darwin Dunia Akhirat. Amiiin

    BalasHapus
  4. Saya lebih yakin dari DNA pitecontropus erectus daripada pendapat teori yg suka ngawur, andai suku dari turki yg jadi nenek moyangnya kenapa di turkinya saja tak ada jejak bahasa jawa

    BalasHapus
  5. orang jawa brasal dari air sebagai raga dan angin sebagai jiwa alam semesta pertama di huni tepatnya di pulau jawa lalu tersebar menjadi banyak bangsa merata keseluruh penjuru dunia simpel aja lebih jelas orang jawa penghuni pertama di dunia jadi dunia ini sah sebagai warisan orang jawa yang sangat baik saking baik nya seluruh kehidupan di muka bumi ini katagori numpang sama orang jawa tapi orang jawa iklas berbagi orang jawa sangat baik berbudi pekerti tinggi sangat menjunjung tinggi sifat tata krama sebagai sopan santun yang bisa menjadi kerukunan untuk semua mahluk hidup secara ajaib orang jawa bisa olah rasa untuk mengetahui pengetahuan di luar pelajaran formal dan informal secara otomatis bertingkat setara usia kedewasaan dan bertingkat sesuai dengan prilaku percampuran budaya yang berkembang menarik nya orang jawa di bekali plajaran dari jiwa seperti mimpi pun di kisahkan bisa menjadi nyata menditeksi otomatis sesuai prilaku dan dasar pola pikir dari percampuran budaya dan adat masing2 dari kehidupan perkembangan jaman tapi segala sesuatu sesungguh nya telah di jelaskan mana yang akan di jalan kan itu pilihan masing2 tapi cermati lah segala sesuatu dengan hati2 kuadrat nya kuadrat anda mau tau yang mana dari jawa bersemedi pasti bisa tau atau di sebut mendeteksi dengan tapa prilaku sekian dulu salam dari jawa sekedar mampir saja dan terimakasi buat yang punya blog ini tingkatkan terus pengetahuan mu jangan malu bertanya kalau ga tau hehehe salam

    BalasHapus
  6. Teori suku jawa adalah pribumi itu pelajaran di buat zaman suharto utuk menguasai seluruh pulau di indonesia dgn cara transmigrasi padahal para arkeologi menemukan persamaan pithegan tropus erectus di jatim dgn di china selatan sama dari ukuran dan bentuk. Hal ini membuktikan pulau2 di indonesia tdk berpenghuni.Keturunan bangsa di dunia berasal dari anak2 nuh sprti sam keturunan bangsa bule, yafet keturunan asiatik(china sampe indonesia) dan ham keturuan raa kulit hitam sprti afrika, papua)

    BalasHapus
  7. Teori suku jawa adalah pribumi itu pelajaran di buat zaman suharto utuk menguasai seluruh pulau di indonesia dgn cara transmigrasi padahal para arkeologi menemukan persamaan pithegan tropus erectus di jatim dgn di china selatan sama dari ukuran dan bentuk. Hal ini membuktikan pulau2 di indonesia tdk berpenghuni.Keturunan bangsa di dunia berasal dari anak2 nuh sprti sam keturunan bangsa bule, yafet keturunan asiatik(china sampe indonesia) dan ham keturuan raa kulit hitam sprti afrika, papua)

    BalasHapus