KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

7 Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi dan Info Grafisnya

Energi fosil minyak bumi yang ketersediaannya terus berkurang karena tingkat konsumsi masyarakat dunia yang tinggi membuat banyak negara mencari solusi melalui pemberdayaan energi alternatif. Energi alternatif diyakini dapat menggantikan peran dan ketergantungan masyarakat terhadap minyak bumi. Contohnya di Brazil, mereka menggunakan etanol yang berasal dari tebu sebagai bahan bakar motor penggerak menggantikan bahan bakar bensin, di Venejuela yang menggunakan minyak jarak sebagai biodisel menggantikan solar untuk bahan bakar mesin dieselnya, dan masih banyak lagi.

Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

Pengetahuan seputar energi alternatif pengganti minyak bumi harus kita miliki dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi kelangkaan bahan bakar fosil yang tak lama lagi pasti akan terjadi. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, tim penulis Blog Kisah Asal Usul akan membahas beberapa energi alternatif pengganti minyak bumi ini untuk menambah cakrawala pengetahuan kita.

1. Ethanol

Etanol adalah salah satu bahan yang dapat berguna sebagai sumber energi alternatif minyak bumi yang ketersediaannya dapat terus diperbaharui. Bahan bakar etanol merupakan produk yang dihasilkan dari fermentasi karbohidrat secara anaerob. Padi, jagung, tebu, dan beberapa komoditas yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi adalah bahan baku produksi etanol sehingga ketersediaan bahan bakar satu ini pasti dapat terus diperbaharui. Namun, terlepas dari hal tersebut, penggunaan ethanol diyakini akan berpengaruh terhadap peningkatan harga dan ketersediaan pangan dunia.

Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

2. Gas Alam

Ketersediaan gas alam yang jauh lebih tinggi dibandingkan cadangan minyak bumi dunia menyebabkan energi fosil ini menjadi salah satu alternatif utama pengganti minyak bumi dalam waktu dekat. Emisi yang dikeluarkan dalam pembakaran gas alam juga relatif lebih ramah lingkungan. Tak heran jika program konversi minyak tanah ke gas yang dilakukan oleh mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla sempat mendapat apresiasi dari banyak penggiat kelestarian lingkungan dunia.

3. Listrik

Energi alternatif pengganti minyak bumi selanjutnya adalah listrik. Ya, meski listrik masih umum diproduksi melalui pembangkit tenaga uap dan batu bara, namun penggunaannya secara luas diyakini dapat menekan kerusakan lingkungan. Penggunaan listrik yang relatif mudah, dapat disimpan, dan dapat diisi ulang juga menjadi kelebihan tersendiri.

4. Hidrogen

Hidrogen yang dicampur gas alam dapat menghasilkan bahan bakar yang efisien untuk kendaraan. Bahan bakar ini juga dapat digunakan pada mesin berbahan bakar listrik yang ramah lingkungan. Meski demikian, penggunaan bahan bakar hidrogen saat ini masih belum populer, mengingat teknologi dan harga yang dikeluarkan untuknya, tergolong masih sangat mahal.

5. Biodiesel

Biodiesel adalah energi alternatif pengganti minyak bumi yang berasal dari minyak tumbuhan atau lemak binatang. Beberapa tanaman yang memiliki kandungan minyak tinggi seperti kelapa sawit, jarak pagar, dan kelapa merupakan harapan terakhir di saat minyak bumi kelak sudah tak ada lagi. Mesin-mesin kendaraan diesel yang menggunakan bahan bakar solar dapat menggunakan bahan bakar ini. Selain ramah lingkungan karena jumlah karbon yang terlepas dari pembakarannya, penggunaan biodiesel juga tak mengenal kata habis. Maksudnya bahan bakar ini masih dapat terus diperbarui selama tanaman atau hewan penghasil minyak masih bisa dibudidayakan.

Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

6. Metanol

Metanol atau hidrokarbon rantai pendek yang dihasilkan dari proses fermentasi karbohidrat ini juga dapat menjadi salah satu energi alternatif pengganti minyak bumi yang cukup ramah lingkungan. Tak seperti bahan bakar yang berasal dari beberapa fraksi minyak bumi dengan rantai hidrokarbon yang panjang, rantai hidrokarbon yang pendek dari bahan bakar metanol membuat pembakarannya pada mesin hanya akan melepaskan sedikit karbon ke udara sehingga kelestarian lingkungan akan tetap terus terjaga.

Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

7. P-Series

P-series adalah bahan bakar alternatif pengganti minyak bumi yang merupakan gabungan dari senyawa ethanol, gas alam, dan Metyhl Tetra Hydro Furan (MeTHF). P-series sangat efektif dan efisien bagi kerja mesin karena nilai oktan yang dimilikinya cukup tinggi. Penggunaan bakar ini pun sangat mudah, akan tetapi, hingga saat ini produsen kendaraan yang menciptakan kendaraan dengan bahan bakar P-Series masih belum ada.

Nah, itulah 7 energi alternatif pengganti minyak bumi yang suatu saat pasti akrab dengan kehidupan kita. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi dan Info Grafisnya"