KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Sejarah Asal Usul Sepak Bola Lengkap

Asal Usul Sepak Bola - Banyak orang di dunia sangat menyukai sepak bola, baik itu suka karena hobi memainkannya, sekedar menonton pertandingan, atau memainkan gamenya di perangkat komputer. Karena banyak yang menyukai itulah sepak bola akhirnya menjadi sebuah permainan olahraga terbesar mengalahkan olahraga bola jenis lainnya. Tak jarang bahkan sepakbola memunculkan fanatisme tersendiri bagi penyukanya dan hingga berani menaruhkan jiwanya untuk membela tim kesayangannya. Namun, dari kegilaan itu, tak banyak yang tahu bagaimana sejarah dan asal usul permainan sepak bola ini dimulai.

Kali ini kita akan membahas bagaimana sejarah dan asal usul sepak bola hingga menjadi olahraga terbesar nomor 1 di dunia. Sejarah dan asal-usul tersebut ditinjau dari 2 versi yang paling santer berkembang di tengah masyarakat dunia. Versi tersebut adalah versi asal-usul sepak bola dari China dan versi asal-usul sepakbola dari Inggris. Dalam tulisan ini juga akan dibahas sejarah sepakbola masa kini dan perkembangannya.

Asal Usul Sepak Bola

Sejarah Asal Usul Sepak Bola


Versi Asal Usul Sepak Bola dari China

Sebuah buku pedoman latihan perang yang ditemukan di tahun 1887 di Provinsi Yanming, China menyebutkan bahwa permainan sepak bola telah dimainkan oleh militer kekaisaran China sejak abad ke 2 SM.

Buku yang diperkirakan berumur 900 tahun ini menyebutkan bahwa prajurit-prajurit kekaisaran China melakukan latihan fisik dengan memainkan bola kulit yang bagian dalamnya diisi dengan bulu dan rambut agar lebih empuk. Dalam peraturannya, bola hanya boleh digiring menggunakan tongkat kayu yang juga berfungsi sebagai alat membela diri dalam pertandingan. Bola digiring untuk kemudian dimasukan ke dalam gawang kecil berbentuk setengah lingkaran. Meski begitu, banyak yang beranggapan bila latihan fisik yang dimainkan oleh para prajurit kekaisaran China pada masa lampau ini tidak termasuk dalam jenis permainan sepakbola melainkan masuk ke jenis softball sehingga pendapat ini pun banyak yang menentang.

Versi Asal Usul Sepak Bola dari Inggris

Selain versi China, beberapa pendapat menyebut bahwa asal usul sepak bola sejatinya berasal dari Inggris. Sumber-sumber yang ada menyebut jika permainan ini pertamakali dikenalkan pada awal tahun 1170 di Kerajaan Inggris dan mencapai puncak popularitas pada tahun 1300-an. Permainan sepakbola ini dimainkan oleh jumlah orang yang tidak terbatas. Jika saat ini satu tim sepakbola beranggotakan 11 orang, pada masa itu sepak bola dapat dimainkan oleh lebih dari 1000 orang.

Permainan sepakbola di Inggris sempat dilarang pada kepemimpinan Raja Edward III. Alasannya adalah karena pada masa itu Inggris tengah melakukan persiapan serangan pada kerajaan Skotlandia. Sang raja khawatir jika karena permainan sepakbola, para prajurit akan malas melakukan latihan dan persiapan persenjataan. Namun, setelah memenangkan perang, sepakbola pun kembali muncul dan semakin meningkat popularitasnya.

Sepakbola kala itu sangat disukai meski dalam pertandingannya tidak selalu berakhir dengan cara yang beradab. Alasannya tak lain adalah karena peraturan dan sistem permainan masih belum dibakukan sehingga para pemain bebas melakukan kontak fisik.

 dengan aturan yang terbatas dan tidak ada wasit pada saat itu, lapangan sering menjadi kekerasan. Itu dapat diterima untuk mengalahkan atau memukul pemain tim lawan termasuk menghancurkan properti pribadi mereka dan bahkan, pada kesempatan, tinggal atau tempat usaha.

Asal Usul Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola Masa Kini

Dari inggris, ketenaran permainan sepak bola menyebar ke seluruh penjuru dunia melalui pengenalan oleh negara-negara penjajah ke daerah jajahannya. Antusiasme masyarakat dunia semakin besar terhadap sepak bola dan pada abad ke 18 di Cambridge, aturan-aturan permainan sepakbola mulai disusun dan dibakukan. Aturan-aturan tersebut antara lain adanya kartu kuning, kartu merah, lemparan ke dalam, sepak pojok, penalti, pergantian pemain, ukuran lapangan, ukuran gawang, jumlah pemain, sepak bola putri dan lain sebagainya.

Hingga kini sepakbola masih terus digandrungi oleh masyarakat dunia. Dan mungkin terus-terus sampai terus, sepak bola akan terus selalu di hati.

0 Response to "Sejarah Asal Usul Sepak Bola Lengkap"