Blog yang Membahas Asal Usul, Kisah, Sejarah Kerajaan, dan Rahasia Dunia yang Masih Banyak Tersembunyi.

Senin, 18 Januari 2016

10 Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Cabang seni rupa berdasarkan wujudnya dibedakan menjadi seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi adalah seni rupa yang tertuang hanya pada dimensi panjang dan lebar. Pada artikel kali ini, kita akan membahas contoh karya seni rupa 2 dimensi tersebut dan penjelasannya agar Anda semakin memahami pokok bahasan Seni Rupa yang dibagikan dalam blog Kisah Asal Usul ini. Silakan disimak!

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Contoh karya seni rupa 2 dimensi dapat kita temukan pada beberapa produk atau benda, di antaranya antara lain lukisan, foto, poster, banner, desain produk, karikatur, kaligrafi, mozaik, dan logo.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi

1. Lukisan

Lukisan merupakan contoh karya seni rupa 2 dimensi yang paling sering kita temui. Melongok lebih jauh, ternyata lukisan memiliki beragam macam aliran. Aliran-aliran seni lukis tersebut antara lain aliran naturalisme, abstraksionisme, dudaisme, impersionalisme, dan lain-lain. Jika Anda ingin tahu mengenai jenis aliran seni lukis tersebut, Anda bisa berkunjung ke artikel ini.

2. Foto

Seni fotografi dewasa ini kian berkembang seiring dengan kemajuan teknologi kamera. Seni fotografi menghasilkan karya berupa foto. Foto yang dibuat dengan memperhatikan unsur-unsur seni juga bisa menjadi contoh karya seni rupa 2 dimensi.

3. Poster

Kemajuan teknologi komputerisasi telah menghadirkan cabang seni rupa baru. Seni desain grafis dianggap sebagai representasi seni modern yang telah mempengaruhi dunia anak muda kita. Cabang seni ini menghasilkan ragam karya seni rupa 2 dimensi, misalnya poster. Poster adalah contoh karya seni terapan yang umum dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi dan komunikasi.

4. Banner

Selain poster, hasil karya digital lain yang dibuat menggunakan seni desain grafis  adalah banner atau spanduk. Banner dibuat menggunakan teknik printing. Selain memiliki nilai estetis, contoh karya seni rupa 2 dimensi ini juga memiliki sisi praktis. Ia biasanya digunakan sebagai media penyampaian informasi.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi

5. Desain Produk

Desain produk dibuat menggunakan ide dan inspirasi yang diarahkan agar konsumen tertarik secara visual terhadap produk tersebut. Desain produk mengalami perkembangan yang cukup menjanjikan sebagai salah satu cabang seni rupa terapan 2 dimensi baru, terutama di masa globalisasi dan tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi seperti sekarang ini.

6. Logo

Jangan anggap sepele sebuah logo. Logo adalah identitas sebuah perusahaan atau korporasi yang paling mudah diingat. Logo dibuat dengan memadukan jiwa seni yang tinggi dan kemampuan nalar filosofi. Logo juga merupakan contoh karya seni rupa 2 dimensi yang dibuat menggunakan sistem komputerisasi digital.

7. Kaligrafi

Kaligrafi adalah rangkaian huruf bermakna yang disusun sehingga wujud dan bentuknya menyerupai benda tertentu. Paling sering kita menemukan karya seni rupa 2 dimensi ini di rumah ibadah atau kediaman orang-orang Muslim, mengingat benda seni ini memang merupakan salah satu peninggalan sejarah Islam di Indonesia.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi

8. Mozaik

Mozaik adalah remah benda kecil yang susunan dengan pola tertentu sehingga bentuknya menyerupai benda atau gambar tertentu. Remah benda kecil yang digunakan sebagai bahan baku karya ini umumnya berupa limbah, seperti kulit telur, serpihan kaca, kayu, dan keramik.

9. Batik

Batik adalah warisan budaya non benda asli Indonesia yang telah diakui oleh Unesco. Dibuat menggunakan teknik canting dan printing, karya seni rupa 2 dimensi ini umum digunakan sebagai satu daya tarik pakaian yang biasa kita kenakan. Batik telah dikenal hingga penjuru dunia. Batik kini telah terlepas dari kesan tua dan kolot berkat sosialisasi yang dilakukan seluruh elemen masyarakat.

10. Karikatur

Karikatur adalah lukisan yang dibuat dengan pola keganjilan. Objek yang digambar biasanya adalah mahluk hidup. Karya seni rupa 2 dimensi ini selain memberikan nilai estetis juga mempunyai nilai humoris. Dewasa ini, karikatur bukan hanya dapat dibuat secara manual. Kemajuan komputerisasi juga telah melahirkan jenis karikatur baru yang kini semakin digandrungi. Karikatur digital.

Nah, itulah beberapa contoh karya seni rupa 2 dimensi dan penjelasan serta gambar ilustrasinya. Ada banyak contoh karya lain yang dapat Anda temukan dikehidupan sehari-hari. Silakan eksplorasi diri Anda sehingga Anda semakin paham tentang cabang seni rupa satu ini. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : 10 Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya