KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Alat Musik Gesek, Pengertian dan 5 Contoh Lengkap dengan Gambar

Berdasarkan cara memainkannya, alat musik terbagi ke dalam 4 jenis, yaitu alat musik tiup, alat musik petik, alat musik pukul, dan alat musik gesek. Di antara keempat jenis alat musik tersebut, alat musik gesek termasuk jenis alat musik yang paling sedikit contohnya. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas contoh alat musik gesek tersebut lengkap dengan gambar dan pemaparannya.

Alat Musik Gesek

Alat musik gesek adalah instrumen musik yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini akan menghasilkan suatu bunyi melodis jika terjadi gesekan antara dawai dan busurnya. Beberapa contoh alat musik ini misalnya biola, contre bass, viola, cello, dan alat musik tradisional rebab. Berikut pemaparan dan gambar dari beberapa alat musik tersebut.

Alat Musik Gesek
1. Biola
Alat musik gesek pertama yang tentu sudah tidak asing lagi bagi kita adalah biola. Biola merupakan alat musik modern yang lazim dimainkan dalam pertunjukan musik orkestra, jazz, pop, dan musik melayu. Alat musik ini memiliki 4 dawai yang diatur sedemikian rupa sehingga memiliki interval nada yang sempurna ketika digesek. Para pemain biola umumnya adalah wanita. Mereka dikenal dengan sebutan violinist.

2. Contre Bass atau Double Bass
Contre bass atau double bass adalah biola berukuran besar yang pada umumnya dimainkan pada pertunjukan musik jazz, orkestra, musik bluegrass, country, dan musik rockabilly. Sesuai dengan namanya, alat musik gesek satu ini juga menghasilkan nada-nada rendah saat dimainkan. Selain digesek, ia kadang kali juga dibunyikan dengan cara dipetik. Di Indonesia, alat musik satu ini memang tidak begitu dikenal, namun di negara-negara Latin dan Eropa, ia selalu dimainkan mengiringi setiap pertunjukan musik.

Alat Musik Gesek
3. Viola
Viola adalah alat musik yang termasuk dalam keluarga biola. Banyak orang yang menganggap viola sama dengan biola. Namun keduanya sebetulnya berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada ukuran dan nada yang dihasilkan. Viola umumnya berukuran lebih kecil dan menghasilkan nada yang lebih berat (rendah) dibandingkan dengan alat musik biola.

4. Cello
Cello atau Violoncello juga merupakan alat musik yang masuk dalam keluarga biola. Ia berukuran lebih kecil dibandingkan double bass namun lebih besar dibandingkan biola. Alat musik ini merupakan instrumen yang wajib ada dalam pertunjukan musik klasik Eropa. Sedangkan di Indonesia, ia kurang begitu dikenal karena memang tidak biasa dimainkan dalam pagelaran musik tanah air.

5. Rebab
Rebab merupakan contoh alat musik gesek tradisional yang berasal dari jazirah Arab. Alat musik satu ini umumnya akan hadir dalam pertunjukan seni musik Betawi atau gambang kromong serta pertunjukan-pertunjukan kesenian khas Jawa sebagai pelengkap iringan gamelan.

Alat Musik Gesek
Nah, demikianlah beberapa contoh alat musik gesek beserta pengertian, penjelasan dan gambar lengkapnya. Ada yang tahu contoh alat musik gesek lainnya yang belum disebutkan dalam artikel ini? Silakan sampaikan tambahan informasi Anda melalui kolom komentar di bawah.

0 Response to "Alat Musik Gesek, Pengertian dan 5 Contoh Lengkap dengan Gambar"