KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

15 Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, Candi dan Prasasti beserta Gambarnya

Kerajaan Mataram Kuno adalah sebuah kerajaan Hindu Budha yang berdiri pada abad ke 8 Masehi di daerah sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kerajaan yang kemudian runtuh di abad ke 11 Masehi ini telah meninggalkan banyak sekali bangunan sejarah yang masih dapat kita temukan sampai saat ini. Apa saja ya peninggalan Kerajaan Mataram Kuno tersebut? Untuk mengetahuinya, marilah simak ulasan kami berikut ini.

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno 

Secara umum, Kerajaan Mataram Kuno telah meninggalkan beberapa candi dan prasasti yang ditemukan tersebar di daerah sekitar Jawa Tengah. Salah satu candi yang terkenal misalnya Candi Borobudur. Nah, berikut adalah beberapa candi tersebut beserta gambar dan keterangan singkatnya untuk kita pelajari bersama.

1. Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Nama Candi Gambar Candi
1. Candi Sewu
Terletak di kawasan sekitar candi Prambanan, tepatnya di Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Candi Sewu adalah candi Budha terbesar kedua setelah Borobudur.
Candi Sewu
2. Candi Arjuna
Terletak di kompleks Percandian Arjuna, tepatnya di Dataran Tinggi Dieng, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi Hindu satu ini mirip dengan candi-candi di kompleks Gedong Sanga.
Candi Arjuna
3. Candi Bima
Terletak di Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi ini dikatakan memiliki banyak keunikan, misalnya dalam hal arsitekturnya yang mirip dengan candi-candi yang ada di India.
Candi Bima
4. Candi Borobudur
Candi peninggalan Kerajaan Mataram Lama yang satu ini sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia sebagai candi Budha terbesar yang pernah ada. Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah dan diperkirakan berasal dari ke 8 Masehi.
Candi Borobudur
5. Candi Mendut
Candi Mendut merupakan candi peninggalan Agama Budha yang diperkirakan dibangun sejak Mataram berada di bawah kepemimpinan Raja Indra dari Dinasti Syailendra. Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah.
Candi Mendut
6. Candi Pawon
Jika Borobudur, Mendut, dan Pawon dilihat dari atas, ketiganya terletak di satu garis lurus. Inilah yang membuat para ahli merasa keheranan. Candi pawon masih belum diketahui secara jelas asal-usulnya karena bukti sejarah yang ditemukan masih sangat terbatas.
Candi Pawon
7. Candi Puntadewa
Candi yang terletak di kompleks candi Arjuna ini juga merupakan candi peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi bercorak Hindu ini mempunyai ukuran kecil tapi terlihat tinggi.
Candi Puntadewa
8. Candi Semar
Candi Semar terletak berhadapan langsung dengan Candi Arjuna. Bentuknya segiempat membujur arah Utara – Selatan dengan tangga masuknya berada di sisi Timur dan Barat.
Candi Semar

2. Prasasti Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Nama Prasasti Gambar Prasasti
1. Prasasti Sojomerto ( sekitar Abad ke 7)
Prasasti berbahasa Melayu Kuno yang ditemukan di desa Sojomerto, Kabupaten Pekalongan ini menjelaskan bahwa Syailendra adalah penganut agama Budha.
Prasasti Sojomerto
2. Prasasti Kalasan (778 M)
Prasasti ini berisi tentang kabar seorang raja Dinasti Syailendra yang membujuk Rakai Panangkaran agar mendirikan bangunan suci untuk Dewi Tara dan sebuah vihara bagi para pendeta Budha.
Prasasti Kalasan
3. Prasasti Klurak (782 M)
Prasasti yang ditemukan di daerah Prambanan ini berisi tentang berita pembuatan arca Manjusri sebagai wujud Sang Budha, Wisnu, dan Sanggha. Prasasti peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini juga menyebut nama Raja Indra sebagai raja yang berkuasa pada saat itu.
Prasasti Klurak
4. Prasasti Ratu Boko (856 M)
Prasasti ini berisi berita kekalahan Balaputra Dewa dalam perang melawan kakaknya Rakai Pikatan atau Pramodhawardani dalam perebutan kekuasaan.
Prasasti Ratu Boko
5. Prasasti Nalanda (860 M)
Prasasti ini berisi tentang asal-usul Balaputra Dewa yang adalah cucu dari Raja Indra dan putra dari Raja Samarottungga.
Prasasti Nalanda
6. Prasasti Cangal (732 M)
Prasasti ini ditemukan di Gunung Wukir, Desa Canggal. Isinya berupa peringatan pembuatan lingga di Desa Kunjarakunja oleh Raja Sanjaya.
Prasasti Cangal
7. Prasasti Mantyasih (907 M) dan 8. Prasasti Wanua Tengah III (908 M)
Kedua prasasti ini berisi tentang daftar raja-raja yang pernah memerintah di Dinasti Sanjaya.
Tidak Ada Gambar
Nah, demikianlah sekilas pemaparan mengenai peninggalan Kerajaan Mataram Kuno beserta keterangan dan gambarnya lengkap. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik dan dapat menambah wawasan bagi kita semua.

0 Response to "15 Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, Candi dan Prasasti beserta Gambarnya"