KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

9 Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit, Gambar, dan Isinya

Kerajaan Majapahit adalah sebuah kerajaan besar yang tumbuh dan berkembang di Nusantara pada masa silam. Kerajaan yang diperkirakan berdiri sejak tahun 1293 dan runtuh pada abad ke 15 Masehi ini telah meninggalkan banyak sekali bangunan candi yang menjadi warisan budaya kebendaan pada masa kini. Berikut ini tim penulis Blog Kisah Asal Usul akan membahas seputar candi-candi peninggalan Kerajaan Majapahit tersebut lengkap dengan gambar-gambarnya. Silakan disimak!

Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

1. Candi Sukuh

Candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang pertama adalah Candi Sukuh. Candi ini terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar-Jawa Tengah. Berbeda dengan candi-candi peninggalan kerajaan Majapahit lainnya, Candi Sukuh dianggap memiliki bentuk yang tidak lazim. Di sekitar reruntuhan bangunan ini banyak ditemukan objek Lingga dan Yoni yang menjadi perlambang s3ksual!tas.


2. Candi Cetho

Candi Cetho terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar-Jawa Tengah. Salah satu candi peninggalan Kerajaan Majapahit ini diperkirakan berasal dari masa akhir keruntuhan kerajaan Majapahit sebelum menjelang keruntuhannya atau tepatnya sekitar abad ke 15 Masehi. Candi ini ditemukan pada tahun 1842 berkat tulisan arkeolog Belanda bernama van de Vlies

Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

3. Candi Pari

Candi Pari adalah candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Sidoarjo - Jawa Timur. Candi yang diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389 M) ini terletak sekitar 2 km arah Barat Laut semburan pusat lumpur panas Lapindo Brantas.

Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

4. Candi Jabung

Candi Jabung terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Probolinggo-Jawa Timur. Meski hanya terbuat dari susunan batu bata merah, bangunan candi ini nyatanya dapat bertahan lintas zaman. Saat lawatannya keliling Jawa Timur di tahun 1359, Raja Hayam Wuruk diperkirakan pernah menyinggahi candi peninggalan Kerajaan Majapahit ini.

Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

5. Gapura Wringin Lawang

Gapura Wringin Lawang terletak di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Mojokerto-Jawa Timur. Terbuat dari bata merah, bangunan yang tingginya 15,5 meter ini diperkirakan dibangun di abad ke 14 Masehi. Gaya arsitektunya yang mirip dengan candi Bentar, membuat banyak ahli yang berspekulasi dan menyebut jika bangunan ini merupakan pintu gerbang untuk memasuki kediaman Mahapatih Gajah Mada.

Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

6. Gapura Bajang Ratu

Gapura Bajang Ratu terletak di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Mojokerto-Jawa Timur. Diperkirakan, bangunan peninggalan Kerajaan Majapahit ini dibangun pada abad ke-14 Masehi. Dalam kitab Negarakertagama, gapura ini disebutkan berfungsi sebagai pintu masuk ke dalam sebuah bangunan suci yang memperingati wafatnya Raja Jayanegara.

Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

7. Candi Brahu

Candi Brahu adalah salah satu candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di kawasan situs arkeologi Trowulan, tepatnya berada di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto-Jawa Timur. Dalam prasasti yang dibuat Mpu Sendok disebut bahwa Candi Brahu berfungsi sebagai tempat pembakaran jenazah raja-raja Majapahit.

Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

8. Candi Tikus

Sama seperti Candi Brahu, Candi Tikus juga terletak di ini terletak di situs arkeologi Trowulan, tepatnya berada di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto-Jawa Timur. Candi peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit ini dinamai candi tikus karena diawal penemuannya, warga melihat bangunan ini menjadi sarang bagi tikus-tikus liar.

Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

9. Candi Surawana

Candi Surawana terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kediri-Jawa Timur. Tepatnya berada sekitar 25 km timur laut Kota Kediri. Candi yang sesungguhnya bernama Candi Wishnubhawanapura ini dibangun di abad 14 Masehi. Pembangunannya ditujukan untuk memuliakan Bhre Wengker. Bhre Wengker adalah seorang raja dari Kerajaan Wengker –kerajaan yang berada di bawah kekuasaan Majapahit.

Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit
Demikianlah 9 candi peninggalan kerajaan Majapahit beserta gambar lengkapnya. Semoga bisa membantu Anda yang tengah mengerjakan tugas sekolah dan bisa menjadi tambahan wawasan bagi kita semua.

0 Response to "9 Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit, Gambar, dan Isinya"