KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

8 Unsur-unsur Tari yang Pasti Ada dalam Sebuah Tarian

Seni tari adalah sebuah gerak dinamis dan berirama yang memberikan rasa atau nuansa tertentu kepada yang menyaksikannya. Berdasarkan pengertian ini, dapat kita ambil kesimpulan bahwa seni tari terdiri dari beberapa unsur. Unsur-unsur tari tersebut antara lain gerakan, tema, iringan musik, tata busana, tata rias, properti tari, dan lighting. Berikut akan kita bahas satu persatu mengenai unsur-unsur tari tersebut.

Unsur-Unsur Tari

Unsur-unsur Tari

1. Gerakan

Gerak merupakan unsur utama dalam sebuah tarian. Gerak tari merupakan serangkaian gerakan anggota tubuh yang memiliki nilai estetis sehingga dapat dinikmati oleh orang lain yang melihatnya. Ada 2 jenis gerak dalam tarian, yaitu gerak maknawi atau gerak yang memiliki sebuah arti atau filosofi (contohnya gerakan pada Tari Serampang Dua Belas), serta gerak murni atau gerak yang sekedar mementingkan nilai estetis (contohnya gerakan pada Tari Saman).

2. Tema

Sebuah tarian pasti memiliki suatu tema tertentu. Tema merupakan unsur tari yang tidak bisa dipisahkan. Gerak tari umumnya ditentukan oleh tema tarian tersebut. Begitu pun dengan iringan, tata busana, riasan, dan unsur-unsur tari yang lainnya.

3. Iringan

Unsur tari selanjutnya adalah iringan. Iringan dalam sebuah tari bisa berasal dari gerakan tubuh penari lain, dan ada pula yang berasal dari permainan berbagai alat musik atau benda. Iringan tari yang berasal dari gerakan tubuh manusia contohnya hentakan kaki, tepukan tangan, dan suara-suara dari mulut, sedangkan iringan tari berupa permainan alat musik contohnya dari permainan alat musik tradisional atau alat musik modern.

Unsur-unsur Tari

4. Setting Panggung

Seni tari merupakan cabang dari seni pertunjukan yang pasti membutuhkan ruangan atau tempat untuk pementasannya. Tempat pementasan untuk tarian tradisional misalnya dapat berupa pendopo, panggung, atau di hamparan lapang.

5 dan 6. Tata Busana dan Tata Rias

Nuansa atau rasa dari suatu tarian akan semakin kuat bila penari menggunakan busana dan riasan khusus. Unsur tari yang satu ini dianggap sangat penting bagi suatu pertunjukan tari, sehingga sangat jarang sekali, bahkan tidak ada satupun tarian yang penarinya menggunakan kostum biasa atau tanpa dirias terlebih dahulu.

Unsur-unsur Tari

7. Properti

Di antara unsur-unsur tari yang lainnya, properti merupakan bagian yang paling sering dilupakan. Padahal unsur tari yang satu ini memegang peranan sangat besar bagi terciptanya suatu nuansa dari sebuah tarian. Beberapa contoh properti dari suatu tarian misalnya topeng pada tari topeng kelana, piring pada tari piring asal Sumatera Barat, dan payung pada tari payung.

8. Lighting

Pada pertunjukan tari modern, lighting merupakan unsur yang tidak bisa dilepaskan dalam sebuah pertunjukan tarian. Unsur ini mampu menguatkan nuansa dan menciptakan rasa tertentu pada tarian yang dipentaskan.

Nah, itulah beberapa unsur-unsur tari yang pasti dimiliki oleh suatu pertunjukan tarian. Bila ada yang memiliki pendapat lain mengenai beberapa unsur tari di atas, silakan gunakan kolom komentar untuk memperbaiki artikel ini. (Modul XII SMK Seni Tari, Erlangga)

0 Response to "8 Unsur-unsur Tari yang Pasti Ada dalam Sebuah Tarian"