KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Tanda Tanda Kematian yang Akan Terasa Sebelum Ajal

Kita memang tak akan pernah tahu kapan kita akan mati. Hari ini, esok, lusa, seminggu, sebulan, setahun, atau berapa tahun lagi semuanya tak bisa kita prediksi. Seorang yang hari ini sakit parah, belum tentu akan mati lebih dahulu. Seorang yang hari ini sehat dan segar bugar, belum tentu umurnya bisa sampai esok. Ya, itulah takdir. Namun, tahukah Anda jika Alloh rupanya telah memberikan tanda-tanda kapan kita akan mati. Tanda tanda kematian berikut ini mungkin layak untuk Anda ketahui agar Anda bisa mempersiapkan segala hal yang berkait erat dengan waktu Anda yang semakin sedikit sebelum dipanggil lagi menghadap-Nya.
“Kami telah memperkirakan kematian di antara kalian dan kami tidak mendahuluinya” (Al-Waqi’ah: 60)

Tanda Tanda Kematian

tanda tanda kematian orang beriman

1. Tanda 100 Hari Sebelum Kematian

Tanda tanda kematian yang terjadi pada 100 hari sebelum ajal menjemput biasanya terjadi pada Ba’da Ashar. Menjelang hari yang mulai petang, seluruh tubuh mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki akan mengalami getaran-getaran kecil. Tanda ini terasa nikmat dan bagi mereka yang sadar bahwa getaran di tubuhnya itu adalah tanda-tanda kematian, sedangkan bagi mereka yang tidak sadar, mereka akan mengacuhkan getaran di tubuhnya itu tanpa memikirkan apapun.

Berdoalah agar Anda dapat menyadari kehadiran tanda ini suatu saat sebelum ajal Anda tiba agar Anda bisa mempersiapkan diri dengan melakukan amalan-amalan yang baik, membayar hutang-hutang Anda, dan memanfaatkan waktu yang tersisa bersama keluarga dan orang-orang yang Anda kasihi.

2. Tanda 40 Hari Sebelum Kematian

Pada hari-hari selanjutnya, tepatnya pada 40 hari sebelum ajal Anda tiba, Alloh akan memberikan tanda-tanda kematian berikutnya. Selepas Ba’da Ashar, jantung Anda akan terasa berdenyut-denyut pelan. Selagi jantung berdenyut itu, daun yang bertuliskan nama Anda di Lauhful Mahfuds akan gugur. Malaikan kematian akan mengambil daun itu dan mulai mengikuti perjalanan dan aktivitas Anda di hari-hari kehidupan Anda yang tersisa.

tanda tanda kematian seseorang

3. Tanda 7 Hari Sebelum Kematian

Tanda tanda kematian juga akan terjadi pada 7 hari sebelum ajal Anda menjemput. Pada hari itu, Anda akan diuji dengan rasa sakit. Orang yang sakit biasanya tidak akan berselera makan, tapi dengan ujian ini, Anda justru sangat berselera makan dan meminta dibuatkan makanan ini dan itu.

tanda tanda kematian khusnul khotimah

4. Tanda 3 Hari Sebelum Kematian

Tak berselang lama, tepatnya pada 4 hari setelah Anda merasakan nafsu makan yang meningkat, Anda akan merasakan tanda-tanda kematian berikutnya. Anda akan merasakan denyutan di tengah dahi.  Bila Anda merasakan denyutan ini, maka keesokan harinya sebaiknya Anda melakukan ibadah puasa sunah. Puasa sunah ini dimaksudkan agar ketika dimandikan, jenazah Anda bersih dan tidak menyusahkan orang yang memandikan Anda nanti.

5. Tanda 1 Hari Sebelum Kematian

Tanda-tanda kematian terakhir yang Anda akan alami adalah Anda akan merasakan 1 kali denyutan di ubun-ubun saat waktu Ashar tiba. Denyutan ini merupakan tanda terakhir yang menyatakan bahwa umur Anda tidak akan sempat lagi mencapai waktu Ashar di hari berikutnya.

tanda tanda kematian menurut rasulullah
Nah, itulah kelima tanda tanda kematian seperti yang disampaikan Imam Al Ghazali. Dengan mengenali kelima tanda kematian ini, semoga kita bisa mempersiapkan semuanya sebelum waktu kita habis dan bisa meninggal dunia dalam keadaan khusnul khotimah.

1 Response to "Tanda Tanda Kematian yang Akan Terasa Sebelum Ajal"

  1. Sumber (Quran dan Hadist) nya mana? Imam Al-Ghazali nggak mungkin ngomong asal njeplak tanpa sumber yang jelas

    BalasHapus