KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, Contoh dan Gambarnya

Berdasarkan fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi 2 cabang yaitu cabang seni rupa murni dan seni rupa terapan. Adapun ditinjau dari nilai estetikanya, seni rupa murni dianggap menjadi cabang seni yang paling unggul. Hal ini tak lain karena dalam pembuatannya, cabang seni satu ini tidak mempertimbangkan faktor dan nilai-nilai praktis dari karya yang dihasilkan, sehingga nilai estetisnya menjadi jauh lebih menonjol. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih jauh seputar pengertian seni rupa murni, jenis, fungsi, serta contoh seni rupa murni baik dari daerah maupun lingkup mancanegara. Mari kita simak bersama!

Pengertian Seni Rupa Murni

Dalam buku seni rupa untuk kelas XII SMA terbitan Erlangga disebutkan bahwa pengertian seni rupa murni adalah suatu cabang seni yang menghasilkan karya dengan fungsinya sekedar untuk dinikmati keindahannya saja. Dalam proses pembuatannya, seni rupa murni tidak mempedulikan nilai-nilai praktis dari karya yang dihasilkannya, melainkan lebih berfokus pada nilai estetisnya saja.

Pengertian Seni Rupa Murni

Fungsi Seni Rupa Murni

Berdasarkan pengertian seni rupa murni tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa cabang seni rupa yang satu ini hanya berfungsi sebagai pajangan saja. Fungsi seni rupa murni tersebut hanya berpaku pada pengindah belaka dan tidak dapat digunakan dalam mempermudah kehidupan kita.


Contoh Seni Rupa Murni dan Gambarnya

Kita dapat menemukan karya-karya yang menjadi contoh seni rupa murni baik dalam wujud 2 dimensi maupun 3 dimensi, atau dari daerah maupun mancanegara. Untuk contoh seni rupa murni 2 dimensi, kita dapat menemukannya pada karya lukisan, kaligrafi, seni grafis, dan seni fotografi. Sedangkan contoh seni rupa murni 2 dimensi kita dapat menemukannya dalam wujud patung, relief, topeng, atau seni keramik.

Seni rupa murni adalah seni yang diciptakan tanpa mempertimbangkan fungsi dan kegunaannya tetapi sekedar untuk dinikmati keindahannya saja. Seni rupa murni dibuat secara lebih bebas dan biasanya memiliki nilai estetika yang tinggi. Fungsinya hanya sebagai pajangan dan tidak dapat digunakan untuk mempermudah hidup kita. Beberapa contoh seni rupa murni misalnya lukisan, kaligrafi, dan patung. Karya seni rupa murni sering ditemukan di museum seni atau di dalam bangunan sebagai pajangan atau penghias ruangan.

1. Lukisan

Lukisan adalah karya seni yang dibuat dengan melukiskan cat warna ke atas media kanvas (2 dimensi). Lukisan dianggap contoh seni rupa murni karena fungsinya yang sekedar menjadi hiasan dinding atau pajangan.

2. Kaligrafi

Sama seperti lukisan, kaligrafi juga merupakan contoh seni rupa murni 2 dimensi yang hanya digunakan sebagai penghias semata. Di masjid, mushola, atau rumah-rumah orang muslim, karya kaligrafi kerap dijumpai sebagai pajangan dinding.

Pengertian Seni Rupa Murni

3. Seni Grafis

Seni grafis dapat menjadi contoh seni rupa murni sekaligus seni rupa terapan. Jika ia sekadar digunakan sebagai hiasan, ia termasuk karya seni murni, sedangkan jika kegunaannya diperuntukan sebagai sarana ilustrasi, maka ia termasuk karya seni rupa terapan.

4. Seni Fotografi

Jenis seni rupa murni satu ini semakin berkembang dewasa ini. Seiring kemajuan teknologi kamera, fotografi kian diminati oleh banyak kalangan sebagai sarana untuk mengekspresikan diri. Objek-objek yang dipotret menggunakan kamera akan semakin indah jika dipadukan dengan seni yang satu ini.

Contoh Seni Rupa Murni

5. Patung

Patung adalah contoh karya seni rupa murni 3 dimensi yang bisa dibuat dari bahan berupa batu, logam, kayu, fiber, atau karet. Patung tidak memiliki nilai praktis. Ia hanya digunakan sebagai hiasan atau pajangan belaka.

6. Relief

Relief adalah pahatan yang menggambarkan kisah atau diorama tertentu. Pahatan relief dapat ditemukan pada bangunan bersejarah seperti candi, museum, atau tugu peringatan. Fungsinya hanya sekedar untuk menambah keindahan bangunan saja.

Contoh Seni Rupa Murni

7. Topeng

Topeng memang bisa digunakan sebagai properti tari atau untuk kebutuhan lainnya. Namun jika ia hanya sekedar dipajang di dinding, maka fungsinya tentu sudah lain. Contoh seni rupa murni yang dapat mengekspresikan suasana hati manusia ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menambah kesan estetis di dalam rumah.

Nah, demikianlah pembahasan tentang pengertian seni rupa murni, fungsi, jenis, dan beberapa contoh seni rupa murni disertai gambarnya. Jika Anda ingin langsung menengok karya-karya yang dihasilkan dari seni rupa murni, rencanakanlah diliburan nanti untuk berkunjung ke museum seni di kota Anda. Semoga bisa bermanfaat. Salam!

0 Response to "Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, Contoh dan Gambarnya"