KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Pengertian Properti Tari dan 14 Contoh Penggunaannya

Properti tari adalah salah satu unsur yang hampir selalu ada di setiap jenis dan ragam tarian. Properti tari merupakan semua alat yang digunakan sebagai media atau perlengkapan dari pementasan suatu tarian. Pada dasarnya, penggunaan properti tari ditujukan untuk memberikan kesan keindahan sekaligus sebagai media untuk menyampaikan makna yang terkandung dari suatu tarian. Berikut ini kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai pengertian properti tari beserta beberapa contoh properti yang digunakan dalam tarian-tarian tradisional Indonesia.

Pengertian Properti Tari

Sebagaimana disebutkan di atas, properti tari dapat didefinisikan sebagai suatu alat yang digunakan dalam satu tarian untuk tujuan menaikan nilai estetika tarian tersebut, sekaligus sebagai media penyamapian pesan atau makna.

Pengertian Properti Tari
Bentuk, ragam dan jenis properti tari ada sangat banyak sekali. Masing-masing tari tradisional di Indonesia memiliki propertinya sendiri-sendiri. Namun, yang perlu diketahui adalah penggunaan properti tari haruslah mempertimbangkan fungsi, jenis, dan asas pakainya secara baik dan benar. Alasannya adalah karena proporsi penggunaan properti  umumnya secara mendasar akan menentukan tingkat penguasaan keterampilan penari terhadap suatu jenis tarian tersebut. Penguasaan properti tari yang digunakan merupakan faktor yang harus diperhatikan untuk menciptakan format garapan dan pementasan tari yang berkualitas.

Ragam Properti Tari Tradisional Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang sangat kaya akan ragam budaya, termasuk budaya dan kesenian tari. Berbagai etnis dan daerah di nusantara pasti memiliki tarian adatnya masing-masing. Nah, masing-masing tarian adat tersebut tentu kebanyakan pastilah menggunakan media atau properti sebagai pelengkap keindahan dan penyampai makna. Ada tarian yang menggunakan selendang, kipas, payung, topeng, lilin, piring, tombak, mandau, atau senjata tradisional lainnya, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah tabel yang berisi daftar tarian tradisional indonesia beserta asal daerah dan properti yang digunakannya. Silakan disimak.
No. Nama Tarian Asal Daerah Properti Tari
1. Tari Reog Ponorogo Reog
2. Tari Pendet Bali Bokor
3. Tari Kipas Pakarena Sulawesi Selatan Kipas
4. Tari Topeng Cirebon Cirebon Topeng
5. Tari Kuda Lumping Jawa Tengah Kuda Lumping
6. Tari Piring Sumatera Barat Piring
7. Tari Remong Jawa Timur Selendang
8. Tari Baksa Kembang Kalimantan Selatan Rangkaian Bunga
9. Tari Golek Manis Jawa Tengah Boneka
10. Tari Payung Sumatera Barat Payung
11. Tari Legong Bali Kipas
12. Tari Lengger Jawa Tengah Selendang
13. Tari Jaipong Jawa Barat Selendang
14. Tari Serampang Dua Belas Riau Sapu tangan
15. Tari Bondan Jawa Tengah Payung, Boneka Bayi, Kendi
Nah, demikianlah pembahasan mengenai pengertian properti tari beserta beragam contoh penggunaannya dalam tarian-tarian tradisional di Nusantara. Semoga dapat membantu Anda dan menjadi informasi yang berguna. Salam.

0 Response to "Pengertian Properti Tari dan 14 Contoh Penggunaannya"