KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

Majapahit Kerajaan Islam? Ini 6 Pembuktian Ilmiahnya!

Meski lebih dikenal sebagai kerajaan bercorak Hindu, beberapa orang justru berpendapat jika Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan Islam pertama yang ada di Indonesia. Pendapat ini bukan tanpa bukti. Beberapa alasan dan penemuan sejarah menguatkan pendapat jika memang Majapahit Kerajaan Islam. Apa saja penemuan dan alasan yang menguatkannya itu? Berikut ulasannya!

Majapahit Kerajaan Islam

Majapahit Kerajaan Islam
Pendapat dan alasan yang menyebut jika Majapahit Kerajaan Islam tertuang secara rapi dalam pembahasan Viddy AD Daery. Pembahasan yang disusun dalam bentuk novel itu, menyebutkan sedikitnya ada 6 hal yang membuktikan jika Majapahit adalah Kerajaan Islam. Keenam hal tersebut adalah  penemuan koin emas bertuliskan lafadz syahadat dari zaman Majapahit, batu nisan Syaikh Maulana Malik Ibrahim, lambang kerajaan majapahit, Silsilah Raden Wijaya (pendiri Kerajaan Majapahit
), silsilah Patih Gajahmada, dan kabar dari China.

1. Penemuan Koin Emas

Pada tahun 1989, di daerah Trowulan ditemukan ratusan keping uang emas bertuliskan lafadz syahadat. Setelah diteliti, koin-koin emas ini diketahui berasal dari abad ke 12, abad di mana kerajaan Majapahit tengah berkuasa dan berjaya. Penemuan koin emas ini tentu sedikit banyak membuktikan jika Majapahit adalah Kerajaan Islam. Hal ini karena tidak mungkin jika uang koin bertuliskan kalimat Tauhid merupakan sebuah alat pembayaran resmi di suatu wilayah kerajaan Hindu.

2. Batu Nisan Syaikh Maulana Malik Ibrahim

Syaikh Maulana Malik Ibrabim yang juga dikenal dengan nama Sunan Gresik dimakamkan di daerah Gresik. Pada batu nisannya yang diperkirakan berasal dari pertengahan abad ke 13 itu, terdapat tulisan yang menyatakan jika beliau ialah seorang hakim agama Islam dari kerajaan Majapahit. Tulisan tersebut tentu sedikit banyak juga membuktikan jika Majapahit adalah kerajaan Islam.

3. Lambang Kerajaan Majapahit

Lambang kerajaan Majapahit (Wilwatikta) yang berupa satu sinar matahari dengan 8 tulisan arab di sekelilingnya juga membuktikan jika kerajaan Majapahit merupakan Kerajaan Islam. Jika tak percaya, lihatlah gambar lambang kerajaan Majapahit di samping!

4. Silsilah Raden Wijaya

Raden Wijaya yang merupakan pendiri kerajaan Majapahit diyakini merupakan seorang muslim. Keyakinan ini bersumber pada silsilahnya yang merupakan cucu dari Prabu Guru Dharmasiksa. Prabu Guru Dharmasiksa sendiri berdasarkan beberapa riwayat adalah seorang ulama Islam Pasundan sekaligus Raja kerajaan Sunda.

5. Silsilah Patih Gajahmada

Patih Gajah Mada, Mahapatih kerajaan Majapahit juga diyakini sebagai seorang muslim. Keyakinan ini bersumber pada isi dari suatu babat yang menyebut nama asli patih yang terkenal dengan sumpah Palapanya itu adalah Gaj Ahmada. Selain itu, di batu nisan makamnya yang ada di Mojokerto juga terdapat kalimat ‘La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah’.

6. Kabar dari China

Kabar dari China menyebut jika pada tahun 1253 M, telah terjadi eksodus besar-besaran muslim dari kawasan Timur Tengah ke kawasan kepulauan Indonesia. Muslim tersebut kemudian diyakini menetap di pulau Jawa dan Sumatera, dan menyebarkan ajaran Islam di seluruh wilayah Indonesia termasuk ke Kerajaan Majapahit.

Nah, itulah beberapa bukti yang menguatkan pendapat jika Majapahit Kerajaan Islam. Banyak pro dan kontra yang menanggapi pendapat ini. Selain karena adanya pertentangan dengan bukti sejarah yang pernah ditemukan sebelumnya, golongan yang kontra memiliki tanggapan yang cukup beralasan seperti yang dibahas di sini.

1 Response to "Majapahit Kerajaan Islam? Ini 6 Pembuktian Ilmiahnya!"