KISAHASALUSUL.BLOGSPOT.COM

5 Fakta tentang Ular Cobra Terbesar di Dunia

Berbicara masalah ular cobra, tentu tidaklah mungkin terlepas dari India yang dikenal secara luas sebagai negerinya ular cobra. Berdasarkan badan pusat statistik setempat, di negeri tersebut, populasi ular cobra saat ini diperkirakan mencapai 102 juta ekor atau setara dengan seperempat dari populasi manusia yang ada. Besarnya populasi ular cobra di India dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karena ular cobra di sana sangat dilarang untuk di bunuh. Selain itu, kondisi iklim yang juga sangat cocok menyebabkan ular cobra lebih cepat bereproduksi.

Ular Cobra Terbesar
Gambar Ular Cobra Terbesar di Dunia

Penemuan Ular Cobra Terbesar di Dunia

Pada tahun 2013 lalu, Modash Singh, seorang petani ubi di India menemukan seekor ular cobra ketika ia tengah menyiangi tanaman di kebunnya. Awalnya, ia dikagetkan dengan suara semburan ular dari balik semak belukar yang akan dibersihkannya. Setelah dilihat dengan seksama, suara semburan tersebut berasal dari seekor ular cobra yang ukurannya sempat membuat ia tercengang untuk beberapa saat. Ular cobra tersebut kemudian dengan perjuangan yang luar biasa, akhirnya dapat dijinakan. Setelah diukur, panjang ular ini mencapai 4,5 meter dengan diameter batang antara 10 sampai 22 cm. Ular ini pun kemudian sempat menjadi pemberitaan media lokal setempat dan akhirnya menarik perhatian World Record untuk menetapkannya sebagai ular cobra terbesar di dunia.

Ular cobra yang diperkirakan berusia 12 tahun itu saat ini masih dipelihara oleh Singh di rumahnya, Desa Barlindes di Mumbai. Nah, berikut ini adalah 5 fakta dari ular cobra terbesar yang ditemukan oleh Singh tersebut:

1. Porsi Makan yang Besar

Untuk menjaga agar ular cobra peliharaannya tetap hidup, Singh selalu memberikan seekor ayam potong hidup-hidup ke dalam kandang ularnya. Ayam tersebut akan langsung ditelan bulat-bulat dan akan dicerna sangat cepat. Jika pada umumnya, seekor ular cobra mencerna makanan dalam waktu 3-4 hari, ular Singh bisa langsung mencerna ayam yang ditelannya dalam waktu >12 jam.

2. Gigi dan Lidahnya Sangat Kuat dan Besar

Gigi ular cobra yang dimiliki Singh ini sangat besar dan kuat. Dua buah taring yang dimilikinya berukuran sebesar kelingking orang India dewasa dan diperkirakan kekuatannya nyaris menyamai kekuatan besi. Lidahnya ular ini juga sangat besar, ketika menjulur lidah ini bisa menjangkau hingga jarak 15 cm.

3. Disembah dan Dianggap Sebagai Jelmaan Dewa Siwa

Ular Cobra terbesar milik Singh ini oleh masyarakat sekitar dianggap sebagai penjelmaan dewa Siwa yang turun ke bumi. Oleh karena itu, ular ini disembah dan selalu diberi sesaji setiap minggu agar ia membawa peruntungan untuk warga kampung sekitar sehingga tanaman mereka tumbuh subur dan hasil panen melimpah.

4. Akrab dengan Anak-anak

Selama dipelihara, ular ini belum pernah diberitakan melukai atau menggigit manusia. Oleh karena itu, anak-anak di sekitar kampung Singh sangat akrab dan menganggap ular cobra terbesar ini sebagai teman mereka. Meski terlihat menakutkan,  anak-anak disana saat ini sudah terbiasa untuk mengelus kepala ular cobra terbesar ini.

5. Jarang Buang Air

Ular cobra Singh diketahui sangat jarang buang air besar. Kandangnya selalu bersih dan tidak pernah ditemukan sedikitpun sisa kotoran di sana. Ketika buang air besar, ular cobra ini terbiasa untuk keluar kandang dan membuang kotorannya di semak belukar sekitar kandang. Ini sangat menakjubkan dan membuat semua orang terheran-heran.

Demikianlah 5 fakta tentang ular cobra terbesar di dunia yang dimiliki oleh Modash Singh tersebut. Semoga anda tidak merinding ketika melihat ular cobra dengan ukuran sebesar itu.

0 Response to "5 Fakta tentang Ular Cobra Terbesar di Dunia"