Blog yang Membahas Asal Usul, Kisah, Sejarah Kerajaan, dan Rahasia Dunia yang Masih Banyak Tersembunyi.

Minggu, 03 Januari 2016

6 Fungsi Seni Rupa dari Berbagai Sudut Pandang dan Contoh

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Banyak seniman yang telah terlahir ke dunia. Mereka menciptakan beragam karya seni rupa yang sangat menggelitik dan menarik bagi semua orang, termasuk kita. Ada di antaranya yang berupa lukisan, patung, mozaik, kaligrafi, dan masih banyak lagi. Namun, dari keadaan ini, sebetulnya ada sebuah pertanyaan menarik terkait dengan lahirnya seni rupa di dunia. Ya, apa sebenarnya fungsi seni rupa bagi kehidupan kita, umat manusia? Apa manfaatnya dan seperti apa kegunaannya?

Fungsi Seni Rupa

Tuhan semesta alam menciptakan sesuatu pasti karena sebab. Begitupun ketika Ia menciptakan bermacam-macam seni rupa. Seni rupa ternyata memiliki banyak sekali fungsi, bukan hanya bagi para seniman yang membuatnya, melainkan juga bagi para penikmat karya seni rupa tersebut. Adapun berdasarkan subjek yang merasakannya, fungsi seni rupa dibagi menjadi 2, yaitu fungsi individual dan fungsi sosial.

1. Fungsi Indivudual

Fungsi individual adalah fungsi seni rupa yang hanya dapat dinikmati oleh para pembuat seni rupa itu sendiri, dalam hal ini tentunya adalah para seniman. Ada 2 fungsi individual dari seni rupa yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan fisik dan sebagai pemenuhan kebutuhan emosional.

Fungsi Seni Rupa

a. Sebagai pemenuhan kebutuhan fisik

Manusia adalah mahluk yang memiliki banyak kebutuhan, salah satunya adalah kebutuhan fisik. Dalam hal ini, seni rupa terapan yang merupakan salah satu cabang seni berdasar kegunaannya dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Contoh-contoh yang dapat kita temukan misalnya penerapan seni dalam bidang arsitektur (bangunan), furniture (kelengkapan), tekstil, serta seni kerajinan.

b. Sebagai pemenuhan kebutuhan emosional

Fungsi seni rupa juga bisa sebagai alat pemenuhan kebutuhan emosional seseorang. Perasaan gembira, sedih, cinta, benci, jengkel dan lain sebagainya bisa dituangkan melalui seni rupa. Beberapa karya seni rupa yang ada saat ini bahkan sangat jelas menggambarkan emosional pembuatnya. Hal ini terkait dengan jenis seni rupa kontemporer. [BACA JUGA: Tokoh Seni Rupa Indonesia]


2. Fungsi Sosial

Selain dapat bermanfaat bagi para pembuatnya, seni rupa juga mempunyai banyak fungsi bagi masyarakat. Fungsi ini disebut fungsi sosial. Adapun fungsi sosial dari seni rupa tersebut antara lain:

Fungsi Seni Rupa

a. Sebagai sarana rekreasi

Banyaknya aktivitas harian yang dilakukan, sering kali membuat seseorang mengalami rasa jenuh. Kejenuhan ini tak lain hanya dapat diobati dengan penyegaran. Selain dengan melihat seni yang tercipta di alam, penyegaran dalam menghilangkan rasa jenuh juga dapat dilakukan dengan menilik hasil karya seni rupa yang biasa tersedia di pameran, pagelaran musik, dan pertunjukan seni rupa lainnya. Inilah fungsi seni rupa yang paling utama sebagai sarana rekreasi.

b. Sebagai sarana Komunikasi 

Bahasa merupakan sarana komunikasi yang paling umum digunakan setiap manusia di dunia. Namun, ada beberapa orang ternyata memiliki keterbatasan dalam penggunaan sarana tersebut. Sebagai solusi, penggunaan bahasa seni yang tertuang dalam sebuah karya seni (dalam hal ini termasuk seni rupa), bisa menjadi alternatif bahasa universal yang justru dapat dimengerti tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu.

c. Fungsi Sosial di bidang Pendidikan

Pendidikan merupakan suatu usaha mengkondisikan transformasi pada pola pikir dan keterampilan seseorang agar menjadi lebih maju. Berdasarkan pengertian tersebut, seni juga berarti dapat berfungsi sebagai sarana pendidikan. Melalui seni, pendidikan diberikan melalui bahasa universal yang terkandung pada nilai estetika sebuah pertunjukan seni. Fungsi seni rupa dalam hal ini adalah sebagai pembimbing dan pendidikan mental bagi seseorang serta dapat menumbuhkan pengalaman etika dan estetika.

d. Fungsi Sosial Seni di bidang Rohani

Fungsi seni rupa yang terakhir adalah sebagai sarana kerohanian. Menurut Kar Barth, keindahan sejatinya bersumber dari Tuhan. Agama adalah inspirasi seni yang berfungsi untuk membekaskan pengalaman-pengalaman religi. Oleh karena itu, melalui seni, peningkatan kerohanian seseorang akan bisa lebih efektif dibandingkan penyaluran yang bebas dari nilai-nilai seni.

Nah, demikianlah beberapa fungsi seni rupa ditinjau dari beberapa sudut pandang. Semoga dengan disertai beberapa contoh, pembahasan mengenai fungsi seni rupa ini dapat lebih mudah dipahami. Terimakasih.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : 6 Fungsi Seni Rupa dari Berbagai Sudut Pandang dan Contoh